10 TIPS HIDANGKAN CAMILAN SEHAT BAGI ANAK

ORANGTUA IDAMAN – Ibu cerdas tak akan terkecoh, menyerahkan kesehatan anak kepada slogan kepraktisan dan label sehat makanan pabrikan. Ibu cerdas senantiasa memperjuangkan makanan racikannya lah yang terlezat, tersehat, dan paling jujur dihadapan anak.

Camilan sehat untuk anak tidak selamanya hambar dan membosankan. Aneka camilan sehat penuh citarasa dapat mengobati rasa lapar Ananda.

Camilan sehat mendongkrak energi, menyediakan nutrisi penting bagi pertumbuhan dan perkembangan.

Berikut tips menyajikan camilan bagi Ananda

1. Junk Food itu pantangan.
Permen, jajanan keripik, tak akan diminta jika Anda tidak menyuguhkannya. Perilaku makan adalah kebiasaan. Jadi jika dibiasakan mengonsumsi makanan sehat, Ananda pun pasti terbiasa berpola makan sehat.

Ketika Ananda tidak dibiasakan jajan, maka Ananda pun tidak akan menuntut jajan karena rasa ketagihan. Orangtua seharusnya memberi teladan yang baik dengan makan camilan sehat. Dengan demikian Ananda mengikutinya.

2. Dukung Ananda Dengan Protein.
Protein membuat Ananda merasa kenyang lebih lama. Sediakan selalu olahan telur, lebih disarankan telur rebus. Disarankan pula ikan, olahan daging, dan menu ayam. Jika Ananda tidak alergi kacang, selai kacang sebaiknya jangan dilewatkan.

Gaya hidup modern membuat ragam menu tradisional dilupakan.
Beberapa dokter mengatakan bahwa, makanan rebus lebih sehat daripada makanan yang digoreng. Sehungga menyajikan kedelai rebus dan kacang tanah rebus kepada anak sebagai camilan sangat dianjurkan.

3. Karbohidrat Agar Kuat
Nasi, roti dan kentang adalah sumber energi yang saat ini umum disajikan. Namun jangan lupa, sebenarnya masih banyak sumber karbohidrat lain yang bisa disajikan, contohnya yaitu singkong dan ubi rebus, jagung rebus, dan kentang rebus.

4. Menu Pelangi
Warna-warni pelangi dapat mendongkrak nafsu makan dan ketertarikan Ananda mencicipi menu yang dihidangkan.

Menu berwarna tak selamanya dibubuhi pewarna buatan yang berbahaya. Alpukat, nanas, strawberry, paprika merah, paprika kuning, mangga dan aneka buah-buahan kaya warna dapat menghadirkan warna pelangi dalam menu makan.

Tak hanya buah-buahan, beragam sayur kaya warna juga dapat disajikan. Misalnya wortel dengan warna jingga merona, bayammhijau dan bayam merah, ranumnya kacang polong, kacang kapri, buncis dan kacang panjang. Diperkaya dengan daun slada hijau muda dan merah.

Tak hanya warna, Anda juga bisa membubuhkan rasa penasaran kedalam menu. Misalnya dengan menyematkan daun mint.

Aneka sayur dan buah kaya warna tersebut busa disajikan segar sebagai salat, atau dengan cara lain. Yaitu dengan menikmatinya dengan cara mencampukan ke dalam yoghurt.

5. Rasa Manis Yang Sehat
Manis adalah citarasa yang diidolakan sebagian besar anak-anak. Makanan pabrikan umumnya menggunakan pemanis buatan. Latar belakangnya yaitu faktor ongkos produksi yang rendah.

Anda bisa menyajikan menu manis tanpa harus merenggut kesehatan anak. Misalnya dengan puding buah, yoghurt beku, potongan buah yang dibekukan, smothie yang diracik dengan susu, yoghurt, dan buah segar.

Kehadiran menu manis tersebut dapat menghindarkan anak dari hasrat mengonsumsi es krim pabrikan yang diracik dengan perasa dan pemanis buatan.

6. Bentuk Unik Penggoda Selera
Selain warna, selera dan minat anak juga dapat diprovokasi dengan aneka bentuk yang lucu dan unik.

Puding yang dibuat dengan jus buah berwarna, dicetak dengan cetakan berbentuk kura-kura dapat menggelitik keinginan anak mencicipinya.

Nasi menjadi lebih menggoda jika dicetak dengan cetakan berbentuk hewan atau bunga. Dicetak di dalam kotak bekal anak, kemudian dilengkapi dengan salat buah dan sayur aneka warna, komplit dengan telur mata sapi sebagai bekal sekolah.

7. Pangan Berdaulat di Rumah
Ketika kebutuhan makan di rumah dipenuhi secara baki, seorang anak tak akan mudah tergoda oleh bujukan jajanan di luar rumah.
Oleh karena itu, soal makanan, disarankan agar rumah dapat menjadi tempat yang berdaulat bagi anak. Tak perlu membatasi anak soal makanan. Seharusnya, makanan senantiasa disediakan dan mudah diakses oleh anak kapan pun.

Saat anak membutuhkan makanan, ia dapat menikmatinya. Cara ini juga dapat melatih kemandirian Ananda. Mereka dapat mengetahui kebutuhannya sendiri, mengambil makan sendiri, tanpa harus disuruh-suruh. Sehingga dapat lebih tertib dan disiplin mematuhi jam makan.

8. Waspadai Kecohan Label Makanan Sehat
Tak sedikit kita jumpai iklan yang menawarkan makanan dan minuman sehat. Minuman ringan yang sesungguhnya menggunakan perasa jeruk sintetik dan pemanis buatan dipromosikan sebagai minuman kaya vitamin c yang menyehatkan.

Begitu pula dengan makanan. Biskuit dengan citarasa susu, dibubuhi pengawet dipromosikan sebagai makanan sehat bagi anak.

Makanan dan minuman alami buah tangan ibu, sudah pasti lebih jujur, terpercaya dan lebih sehat daripada makanan pabrikan yang cara pembuatan dan resepnya disajikan dalam kerahasiaan.

9. Modifikasi Menu Tidak Diharamkan
Anda dapat menyajikan kembali menu pagi untuk menu sore. Misalnya sereal yang dipadu dengan susu dan buah. Agar tak bosan, Anda bisa memodifikasi menu tersebut.

10. Disiplin Zona Ngemil
Tentukan zona ngemil di area tertentu. Misalnya di dapur, dan ruang makan. Hindari menyajikan camilan selama screen time alias nonton tivi, di ruang tidur atau saat belajar di ruang belajar.

Atur agar jadwal menikmati camilan tidak menganggu jadwal makan pokok. Cemilan dan jus sebaiknya dihidangkan sekitar 2 jam sebelum makan.

Mengajari anak memilih makanan itu artinya memulai pertumbuhan badan sehat yang akan diperlukan seumur hidup mereka.

Mulai lah hari ini!

SIMAK JUGA

  • YUK! BIMBING ANAK BELAJAR MENGENAL ANGKA

    ORANGTUAIDAMAN.COM Bisa menulis angka itu belum tentu memahami makna angka yang ditulis. Angka adalah suatu simbol yang digunakan untuk melambangkan suatu

  • YUK! AJARI SI KECIL JADI BLOGGER CILIK

    ORANGTUAIDAMAN.COM Salah satu pemanfaatan teknologi informasi secara positif bagi anak yaitu blogging. Metode ini juga bermanfaat untuk melatih anak menulis.

  • YUK, BERKENALAN LEBIH AKRAB DENGAN MAMALIA

    ORANGTUA IADAMAN – Ada banyak jenis hewan di sekitar kita, salah satunya adalah hewan jenis mamalia. Apa saja kah yang

  • YUK, BELAJAR PERBANDINGAN

    ORANGTUA IDAMAN – Perbandingan adalah proses membandingkan nilai dari dua besaran sejenis. Perbandingan biasa dinyatakan secara sederhana dan dalam bentuk

  • YUK MENGENAL JENIS IKAN MOUTHBROODERS

    ORANGTUA IDAMAN – Apakah kamu suka ikan cupang? Ikan cantik yang suka berantem ini termasuk ikan mouthbrooders. Lantas apa to

  • YUK BIMBING ANAK AGAR CERDAS BERMEDIA SOSIAL

    ORANGTUA IDAMAN – Teknologi kian berkembang. Siapa pun yang enggan menyesuaikan diri, pasti digulung. Melarang anak bersosial media bukan keputusan

  • YUK BELAJAR SATUAN MATEMATIKA

    ORANGTUA IDAMAN – Satuan atau satuan ukur atau unit digunakan untuk memastikan kebenaran pengukuran atau sebagai nilai standar bagi pembanding alat ukur, takar, timbang dan

  • YUK AJAK ANANDA PERIKSA GIGI! SEBELUM GIGINYA PARAH

    ORANGTUA IDAMAN – Mencegah lebih baik daripada mengobati. Perawatan gigi secara teratur adalah bentuk pencegahan. Selama ini, banyak anggapan keliru,

error: Content is protected !!