Pusing Cari Nama Bayi Anda? Pesen Saja Di Sini

ORANGTUA IDAMAN. Kedengarannya memang tak lazim, nama untuk anak sendiri kok beli. Namun kenyataannya, jasa pembuatan nama bayi yang dilakukan Atika Ratna Sari, tak pernah sepi pemesan.

Hal ini diakui Atika, warga Bekasi, pemilik namabayiunik.com. Ketika masih kuliah, wanita yang kini bekerja sebagai PNS di LIPI, Jakarta ini  aktif menjadi kontributor cerita pendek dan dongeng di sebuah majalah anak-anak. Wanita yang akrab disapa Ika ini menyayangkan, mengapa nama-nama bagus seperti tokoh dalam dongeng ciptaannya tidak ada yang menggunakan? Ia pun mulai melakukan pendekatan kepada teman dan saudaranya yang sedang hamil, apakah mereka sudah menyiapkan sebuah nama untuk kelahiran anaknya? “Ternyata banyak yang kesulitan memberi nama sang buah hati. Padahal sebenarnya membuat nama yang cantik dan mempunyai makna sangatlah mudah,” tambahnya. Melihat hal itu, Ika tak segan memberi sebuah nama sebagai kado kelahiran orang-orang terdekatnya.

“Saat membuat nama, bisa dengan memadukan dari nama orang tua. Misalnya, sang ibu bernama Ana, sedangkan ayahnya Fitra, ya saya rangkai nama anaknya Nara. Tapi kalau merangkai nama, contohnya Atika atau Ratih, dari dulu nama itu kan sudah ada, tinggal kita rangkai saja dengan menambahkan kata-kata yang mempunyai makna,” katanya menjelaskan.

Bisa direvisi  

“Target market saya adalah kelas menengah atas. Sebab kalau kelas menegah bawah, buat beli susu saja susah apalagi untuk membeli nama,” tambahnya.  Maklum saja harga yang ditawarkan Ika untuk jasa pembuatan nama bayi terbilang cukup mahal.

Menurut wanita yang hobi menulis dan travelling ini, harapan setiap orang tua untuk memberikan nama yang paling bagus, paling hebat, dan paling unik seringkali membuat mereka kesulitan. Justru hal inilah yang memudahkan Ika, karena secara psikologis  ia tidak punya beban seperti itu. “Misalnya ada orangtua yang ingin nama anaknya ini, maknanya ini, tinggal tulis saja permintaannya seperti apa, saya tinggal merangkai. Kalau tidak cocok bisa revisi,” katanya memberi pilihan.

Cara pemesanan bisa dilakukan via email, website ataupun WA. Klien tinggal pilih ingin pesan paket yang mana, kemudian uang ditransfer ke rekening yang telah ditentukan, setelah itu baru nama dikirim. Bisa via email ataupun sms. Berdasarkan pesanan selama ini, nama yang banyak dicari klien adalah nama-nama Islam modern seperti Dava dan Rasya, dan kebanyakan digunakan untuk bayi perempuan. “Jumlah karakter nama tidak mempengaruhi tarif pembuatan nama, yang mempengaruhi adalah revisi,” tegas wanita lulusan Teknik Informatika ini.

Terapkan komputerisasi

Ika menggunakan database  khusus untuk membuat nama bayi yang ia peroleh dari buku-buku dan internet. Bahasa yang digunakan banyak sekali. “Jadi saya bikin kumpulan nama-nama  secara komputerisasi. Untuk mencari arti nama atau asal bahasa tinggal ketik saja,” lanjutnya.

Kendala yang sering ditemui Ika adalah jika semua link order dijawab TERSERAH oleh orang tua. “Saya tawarkan mau kata yang bermakna apa? Memakai bahasa apa? Terus dijawab TERSERAH, itulah yang menjadi kendala. Padahal itu ngefek banget buat saya. Karena sebenarnya nama itu kandoa dan harapan setiap orang tua untuk anak. Sayang aja kalau semuanya dijawab terserah. Kasihan kan kalau ada anak cantik tapi namanya nggak bagus dan maknanya nggak jelas, ” keluhnya seraya tertawa.

Kendala lain yang sering  dihadapi,  permintaan klien terlalu rumit dan aneh. Biasanya nama yang disediakan Ika terdiri dari 3 suku kata. Tapi terkadang ada klien yang meminta hingga 5 suku kata. “Kasihan anaknya kalau namanya kepanjangan. Menurut saya 3 suku nama sudah cukup, dan tidak masalah jika belakangnya ditambah nama orang tua,” jelas Ika. Melalui jasa pembuatan nama ini, Ika ingin mengedukasi para orang tua, bahwa memberi nama untuk anak tidak boleh sembarangan.

Sejak awal buka, Ika mengaku hampir 80% kliennya adalah laki-laki, dan ia hampir tidak pernah bertemu dengan kliennya. Meskipun begitu, ia masih menngunakan kode etik. “Dalam hal ini nama yang saya berikan untuk klien tidak pernah ada yang sama. Sesuai permintaan orang tua saja,” ucapnya yakin.

Apa kata Klien?

MT, salah satu klien Nama Bayi Unik asal Jawa Tengah mengaku, mengetahui jasa pembuatan nama ini dari salah satu media cetak terkemuka. “Ketika itu saya sudah punya beberapa cadangan nama, hanya saja  bingung merangkainya. Saya ingin kata-kata yang ada di setiap nama yang saya persiapkan bisa masuk semua,” kata MT.

Iseng-iseng, MT menghubungi Nama Bayi Unik. Ia  berkonsultasi tentang masalahnya kepada Ika. Setelah sama-sama sepakat, akhirmya MT memesan paket Rp 3 juta. Ia segera mentransfer biaya pemesanan. Hanya butuh waktu setengah hari dan 3 kali revisi, ia sudah bisa mendapatkan nama yang cocok untuk putranya yang baru lahir. “Maaf saya tidak bisa mempublikasikan nama anak saya karena takut tidak eksklusif lagi, hahaha…” ujar MT meminta pengertian.

Meskipun baru sekali memakai jasa ini, MT merasa puas dengan layanan dari Nama Bayi Unik. Untuk ke depan ia belum tahu akan memesan lagi atau tidak. “Agak malu juga kok nama untuk anak saja pakai beli? Hahaha… Meskipun mahal, tapi ini pengalaman baru buat saya, jauh-jauh memesan nama sampai ke Jakarta,” tambahnya.

2 Paket Pilihan

  • Paket Rp 1 juta
  • Diberi 3 nama lengkap sebagai alternatif untuk dipilih.
  • Bisa melakukan 10 kali revisi.
  • Waktu pembuatan  2 minggu sampai sebulan.
  • Paket Rp 3 juta
  • Revisi sepuasnya
  • Inisial nama bisa dibaca. Contohnya Diandra Olivia Asa, kalau disingkat kan DOA. Jadi singkatannya bagus, panggilannya bagus, maknanya juga bagus.
  • Pembuatannya lebih rumit karena harus mencocokan permintaan orang tua seperti apa dan bahasa apa yang akan digunakan
  • Waktu pembuatan 1 – 3 hari.
error: Content is protected !!