MAK NYES… SEGARNYA ES KRIM SEHAT DARI SAWI

ORANGTUA IDAMAN. Hasil survei Kementerian Kesehatan menunjukkan 27% dari jumlah masyarakat Indonesia tidak menyajikan sayur dalam menu makanan setiap harinya. Ironisnya, bukan disebabkan oleh rendahnya produksi sayur di Indonesia, melainkan rendahnya tingkat konsumsi masyarakat.

Salah satu cara untuk lebih memasyarakatkan sayur adalah dengan membuatnya dalam bentuk makanan atau minuman yang disukai. Seperti misalnya es krim. Sawi, adalah bahan baku yang bisa dipakai untuk pembuatan es krim sayur. Kenapa sawi? Selain rasanya lebih enak, sawi mempunyai banyak kegunaan. Diantaranya sebagai penyembuh penyakit kepala, pembersih darah, memperbaiki fungsi ginjal, serta memperbaiki dan memperlancar pencernaan. 

Sawi juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, mencegah diabetes mellitus, dan mencegah kanker kolon. Mineral magnesium yang ada pada sawi, sangat berguna untuk mereduksi stres dan membantu membentuk pola tidur yang baik. Dalam penyajiannya sawi dipadukan dengan berbagai macam buah-buahan agar menghasilkan lebih banyak manfaat.

Begini Cara Membuatnya

Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan. Pilihlah sawi, apel, jeruk, dan bunga kol  matang, wortel setengah matang, dan tapai singkong yang baru matang. Cuci bersih semua bahan, lalu potong buah dan sayur. Masukan es batu, sawi, apel, jeruk, bunga kol, wortel (atau tapai singkong), dan gula buah secara bersamaan ke dalam blender. Lantas di  blender sampai es batu hancur dan seluruh bahan tercampur rata. Bahan yang sudah tercampur disimpan di baskom, lalu diberi tepung tapioka secukupnya. Aduk menggunakan spatula selama ±25 menit. Masukkan adonan ke dalam cup bertutup. Masukan ke dalam frezer selama minimal 6 jam. Es krim sawi tinggal dikemas.

error: Content is protected !!