SEMPOLAN UDANG, CAMILAN PENUNJANG OTAK JENIUS

ORANGTUA IDAMAN. Demam sempolan tak terelakan. Jajanan ini merebut banyak perhatian anak. Sama seperti bakso pentol (bakso ojek), siomay dan cilok, sempolam disajikan berkawan dengan saus, yang membuatnya bertambah nikmat saat dicelupkan.

Nah, gak ada salahnya mama cerdas memanfaatkan tren itu sebagai kesempatan menjajikan makanan sehat bagi si buah hati. Tentu saja dengan cara memodifikasi sempolan. Sehingga lebih kaya nutrisi dibandingkan dengan “sempolan jalanan”.

Kali ini, mama pintar diajak meracik sempolan udang. Selain lebih nikmat, daging udang menjadi sumber nutrisi pendukung tumbuh-kembang anak baik fisik maupun mental. Setiap 85 gram daging udang mengandung 84 kalori, dan 20 gram protein. Nutrisi tersebut menjadi bahan baku utama pertumbuhan fisik anak.

Kandungan lain yang banyak ditemukan di dalam daging udang yaitu Kalsium. Zat ini dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi.

Nah, tak ketinggalan pula nutrisi penting yaitu Asam Lemak Omega 3 dan Omega 6. Senyawa tersebut sangat diperlukan untuk menyokong pertumbuhan otak, mendukunh kesehatan jantung dan berperan penting dalam hal imunitas atau daya tahan tubuh anak.

Anak Anda susah makan? Tak perlu khawatir, udang menyajika kandungan peptida yang akan membantu pelepasan hormon yang dapat merangsang nafsu makan.

Yuk, langsung saja kita racik sempolan udangnya!

BAHAN
1. 1/4 udang kupas
2. 3 siung bawang putih, kemudian dihaluskan.
3. Bubuk lada secukupnya (sebaiknya disesuaikan dengan selera anak)
4. Garam, gula, kaldu bubuk secukupnya.
5. Daun bawang secukupnya.
6. 200 gram tepung tapioka.
7. 50 gram tepung terigu.
8. Tusuk es krim.

CARA PEMBUATAN
1. Campur semua bahan, beri air panas secukupnya sampai adonan bisa dililitkan di tusuk es krim.
2. Rebuslah sampai mengapung, kemudian ditiriskan.
3. Balur dengan kocokan telur, selanjutnya digoreng sampai berwarna kecoklatan.
4. Siap disajikan

SAUS SEHAT ALAMI
Lebih disarankan sempolan disajikan bersama dengan saus sehat buatan sendiri.

PERHATIKAN FAKTOR ALERGI
1. Bagi mama pintar yang masih ragu karena anak memiliki riwayat alergi, disarankan agar berkonsultasi dulu dengan dokter.
2. Menu udang sebaiknya diberikan ketika anak sudah berusia 9 bulan atau 2 bulan setelah mengonsumsi makanan padat.

error: Content is protected !!