HONGKONG OCEAN PARK: BERJUMPA PANDA MASKOT UTAMA

ORANGTUA IDAMAN. Siapa tak kenal Panda? Jauh sebelum film animasi Kungfu Panda menggebrak Hollywood pada tahun 2008, binatang berpostur gempal membulat ini telah tenar di seantero dunia.

Sadar akan hal itu, pihak pengelola Ocean Park Hong Kong menjadikan Panda sebagai salah satu hewan unggulannya untuk menarik kedatangan pengunjung. Hewan besar asal China yang tergabung dalam keluarga Ursidae ini menempati area bertemakan “Amazing Asian Animals”. Berisikan bermacam-macam hewan eksotis asal Asia.

Selain giant panda ini, begitu orang bule menyebutnya, terlihat pula 2 ekor red panda yang sedang asyik bercengkrama. Tingkah lakunya lucu dan perawakannya menggemaskan membuat para pengunjung segera mengambil kamera dan mengabadikan mereka. Ternyata tidak hanya mamalia yang terdapat di Amazing Asian Animals. Beberapa jenis Reptil asal Asia, seperti komodo, philippine crocodile, gharial dan chinese aligator pun muncul melengkapi koleksi hewan eksotis Ocean Park.

The Grand Aquarium

Tempat menarik lainnya diberi titel “The Grand Aquarium” yang berisikan berbagai macam biota laut. Sebuah aquamarine sepanjang 1,5 meter menyambut pengunjung dengan kemegahan warna-warni aneka coral dan ikan. Beberapa hewan unik juga terlihat di Grand Aquarium. Mulai dari gurita, cumi-cumi, nautilus, hingga kepiting raksasa asal Jepang, Giant Spider Crab. Terdapat pula sebuah akuarium berukuran besar. Sehingga untuk menikmati hilir mudiknya ikan, pengunjung harus mendongakkan kepalanya. Di tempat ini, kita bisa  menikmati liukan tubuh biota laut berukuran jumbo. Seperti pari, kerapu, hiu sirip hitam, hiu martil, dan penyu.

Setelah puas melihat berbagai aneka biota laut dan hewan eksotis asal Asia, dengan menggunakan kereta gantung, pengunjung bisa langsung menyeberang ke area hiburan lainnya. Di area ini, kita dapat menikmati aneka permainan pemacu adrenalin. Mulai dari 2 buah roller coaster bernama “Hair Raiser” dan “The Dragon” yang dapat membuat jantung serasa berhenti berdetak sesaat. Hingga permainan bernama “Abyss” setinggi apartemen berlantai 20. Teriakan pengunjung bernada aaaa…aaaa…aaaaa, sudah terdengar sejauh 400 meter sebelum kita tiba di wahana tersebut.

Di area kedua ini, terdapat pula aneka burung eksotis. Di pintu masuk bagian depan kandang burung, ada 4 ekor burung macaw yang dilepas tanpa tali. Sehingga kita bebas melihat dan menyentuh burung asal Amerika Selatan ini. Sementara itu, di kandang besar bertemakan “Rainfosrest”, pengunjung dapat menikmati gerak-gerik seekor burung toucan yang atraktif dan seolah mengajak para pengunjung bercanda.

Tidak hanya burung, beberapa hewan eksotis lainnya juga terdapat di Rainforest. Mulai dari monyet kecil yang dikenal sebagai pygmy marmoset, 2 ekor capybara, dan 2 ekor Morelia viridis (green three python). Tak ketinggalan terlihat pula seekor green anaconda yang dinobatkan sebagai ular terbesar dan terberat di dunia.

Atraksi Hewan

Agar lebih memikat pengunjung, pengelola pun memberikan suguhan atraksi aneka hewan. Diawali dengan atraksi burung bertemakan “Emperor of The Sky”. Atraksi ini memamerkan 70 jenis burung berperilaku unik. Pembukaan atraksi diawali oleh beberapa jenis burung berparuh bengkok. Dengan kecerdikannya, mereka dapat memecahkan teka-teki berhitung yang diberikan oleh para penonton.

Setelah burung paruh bengkok beraksi, beberapa ekor burung jenis BOP (Bird Of Pray), seperti turkey vultures dan lanner falcons, dengan sigapnya memamerkan kekuatan cengkeraman mereka. Pertunjukan yang terletak di “Bird Teater” ini pun ditutup dengan tampilnya seekor burung toucan terlatih memasukkan bola ke dalam keranjang.

Beberapa mamalia laut, seperti lumba-lumba hidung botol dan anjing laut pun turut tampil menghibur pengunjung. Postur mereka yang lucu, ditambah sifatnya yang bersahabat membuat kedua mamalia laut ini memiliki banyak penggemar. Atraksi melompat ke dalam lingkaran api, menendang bola di udara, dan menyemburkan air ke penonton membuat para pengunjung merasa sangat terhibur.

Ketika malam tiba dan semua wahana hiburan telah dinikmati, kini saatnya menikmati hiburan yang bisa merilekskan tubuh. Dari sebuah layar yang terbuat dari air mancur berbentuk 360 derajat, kita dapat menikmati beberapa karakter hewan yang sedang bernyanyi dan menari dengan indahnya.

error: Content is protected !!