MUDAH LHO, MEMBUAT HAND SANITIZER ALAMI ALOEVERA

ORANGTUA IDAMAN. Kebiasaan hidup sehat itu harus selalu dilakukan. Tak hanya saat pandemi terjadi. Cuci tangan saja tak cukup. Tangan sebaiknya harus selalu dalam keadaan suci hama atau bebas dari bibit penyakit. Mengoleskan larutan antiseptik ke permukaan tangan sangat dianjurkan. Larutan sepeRti itu sering disebut sebagai hand sanitizer.

Ingin lebih jelas cara pembuatan hand sanitizer.

Ada banyak merek hand sanitizer yang bisa dibeli di apotek dan minimarket. Ukuran takaran isi dan harganya pun bermacam-macam.

Bahan utama hand sanitizer adalah alkohol. Jika digunakan terlalu sering dan dalam jangka waktu lama, alkohol bisa mengakibatkan kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Kondisi kulit pecah-pecah seperti itu justru dapat menjadi jalan masuk bagi bibit penyakit.

Selain itu, membeli hand sanitizer secara ritin juga akan menyisakan botol plastik dalam jumlah yang banyak. Jika kemasan itu dibuang, tentu akan menjadi sampah plastik yang mencemari lingkungan.

Yuk, ada baiknya kita mencoba membuat hand sanitizer sendiri. Hasilnya bisa digunakan sebagai isi ulang botol yang sudah kosong. Dengan demikian secara tidak langsung kita telah menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Tak hanya itu, hand sanitizer alami dari aloevera juga bisa mencegah kulit tangan kering dan pecah-pecah. Lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Langsung saja kita lakukan membuatnya yuk!

ALAT DAN BAHAN
1. Alkohol 70% sebanyak 60ml
2. Daging batang aloevera sebanyak 70 gram
3. Jeruk nipis secukupnya.
4. Blender
5. Nangkuk
6. Sendok
7. Gelas ukur
8. Pisau
9. Botol hand sanitizer kosong
10. Corong.

CARA MEMBUAT
1. Batang aloevera dicuci bersih dengan air mengalir.
2. Batang aloevera dikupas lalu diambil daging atau jelinya.
3. Daging aloeveRa dikumpulkan hingga sebanyak 70 gram.
4. Daging aloevera dihancurkan dengan blender.
5. Dicampur dengan alkohol sebanyak 60 ml.
6. Larutan kemudian disaring. Agar tidak menyumbat lubang nozle botol hand sanitizer.
7. Lartan yang sudah disaring lalu dimasukkan ke dalam botol.

Masih kurang jelas? Simak video cara pembuatannya berikut!

error: Content is protected !!