SANGGALURI PARK: WISATA BERBONUS ILMU

ORANGTUAIDAMAN.COM Sanggar luru ilmu, itulah kepanjangan dari Sanggaluri. Artinya tempat mencari ilmu. Arena wisata edukasi yang terletak di Kutasari, Purbalingga, Jawa Tengah ini menyediakan berbagai sarana belajar. Mulai dari pengetahuan alam  hingga pengetahuan sosial. Di tempat ini pengunjung bisa mengenal berbagai jenis reptil.

Beberapa ular yang terdapat di sana yaitu kelompok ular eksotik mancanegara seperti corn snake dan king snake, serta berbagai varian ular phyton. Ada pula kelompok ular berbisa seperti kobra, boiga hitam Sulawesi, malayan pit viper, bandotan puspa, dan lain-lain. Reptil yang dipajang sekitar 300 ekor, terdiri dari 47 spesies.

Selain display berbagai jenis reptil, pengunjung bisa berinteraksi dengan ular dan biawak di area yang disebut Kampung Ular. Lokasinya terletak di tengah areal kamar-kamar reptil. Di Kampung Ular pengunjung bisa mengelus, memegang, dan bahkan foto bersama dengan ular jali, ular koros, ataupun python. Untuk menikmati aktivitas itu, pengunjung cukup membayar Rp. 3000.  “Ular jali dan ular koros yang ada di Kampung Ular sebenarnya untuk stok pakan kobra. Kobra diberi pakan seminggu sekali,” ungkap Warsono, salah satu anggota tim Sanggaluri Park.

Kondisi terasa berbeda saat Anda memasuki area serangga. Di tempat ini tampak pelbagai awetan jenis serangga seperti kupu-kupu, kumbang, capung, dan kepik. Asal tahu saja, jumlah koleksi awetan serangga di tempat ini tembus hingga 1.684 ekor.

Pada mulanya tempat rekreasi yang dibangun tahun 2007 ini memang berupa taman reptil dan serangga. Areal wisata ini kian berkembang dengan menambah berbagai koleksi baru. Seperti koleksi beberapa jenis burung, rusa, kancil jawa, dan ikan. Ada pula berbagai tanaman buah. Semisal buah naga, durian, jeruk, rambutan, dan jambu. Bahkan ada wahana IPTEK berupa museum wayang, artefak dan uang.

Semua fasilitas tersebut dibangun dengan tujuan yang sama. Yakni untuk edukasi masyarakat. Semisal untuk anak-anak TK, agar bisa mengenal aneka binatang, mereka bisa menonton film dokumenter National Geographic atau Discovery Channel. Selain berinteraksi dengan reptil, anak-anak juga bisa memberi makan ikan atau rusa. “Tahun ini (2013) kami akan menambah koleksi mamalia dan kuda poni,” papar Febri Ika, supervisor marketing Sanggaluri Park.

Aktivitas Edukasi

Memang berbagai aktivitas edukasi ditawarkan oleh tim Sanggaluri Park. Misalnya pembedahan dan belajar anatomi hewan seperti ular, kadal, katak, tokek, biawak, kura-kura. Ada pula paket belajar klasifikasi tumbuhan, hewan arthropoda atau reptilia, pengawetan serangga kupu-kupu, hingga praktik pembuatan roket, biogas, atau belajar perbanyakan vegetatif tanaman seperti stek atau cangkok. Untuk anak-anak, bisa belajar sambil bermain dengan aktivitas tangkap ikan dan tangkap belut. Tiap paket biasanya berkelompok, ada yang per paket minimal 10 orang, ada yang 30 orang. Harga paket bervariasi, dari Rp. 11.500 hingga Rp. 100.000 per orang.

Untuk bidang pengetahuan sosial, disediakan paket edukasi berupa pembuatan wayang atau pembuatan topeng wayang serta pengenalan asal-usul wayang. Ada pula paket banking education berupa pengenalan dunia perbankan dan pengenalan serta perawatan uang. Jika hanya berkunjung ke museum artefak dan wayang ataupun museum uang, tak ada biaya tambahan. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000, semua fasilitas display di area wisata itu bisa Anda nikmati.

Area taman juga disediakan untuk belajar pengetahuan alam dan sosial. Misalnya taman burung yang menyajikan berbagai jenis burung seperti beo, kenari, merak, kasuari, hingga elang jawa. Ada pula taman lalu lintas dan taman batu. Di taman lalu lintas anak-anak bisa belajar arti dari beberapa rambu lalu lintas. Sementara di taman batu ada berbagai tatanan bebatuan nan unik yang dihias dengan rangkaian kata-kata mutiara.

Karena target utama anak-anak, areal wisata seluas 3,5 ha ini juga menyajikan berbagai wahana permainan. Misalnya kereta mini, trampolin raksasa, istana balon, dan flying fox. Jika libur tiba, pengunjung mencapai rata-rata 2.000 orang per hari.

Ari Setiyo Wibowo, salah satu pengunjung mengatakan, tempat seperti ini sangat menyenangkan. Terutama bagi siswa sekolah. Karena di tempat ini, para siswa bisa belajar tentang banyak hal.  Fasilitas taman yang luas pun jadi nilai lebih. Karena anak-anak lebih bebas bermain. Belum lagi pelbagai wahana permain yang jadi daya tarik lainnya.

Lokasinya yang dekat dengan pedesaan dan udara yang masih asri sangat mendukung untuk menarik lebih banyak pengunjung. Terutama dari luar kota. Terlebih dengan tiket yang sangat terjangkau. Hanya Rp. 10.000.  “Namun untuk fasilitas museum perlu digarap lebih serius,” kata Ari. Misalnya dengan menyediakan guide.  Jadi pengunjung tak biarkan celingukan sendiri.

Menuju Lokasi

Sanggaluri park terletak di Jalan raya Kutasari-Karangbanjar, sekitar 7 km dari kota Purbalingga, Jawa Tengah. Jika naik angkutan umum, dari terminal Purbalingga naik angkutan nomor 9, turun di pertigaan KUD Kutasari lalu jalan kaki ke arah timur sekitar lima menit.,

error: Content is protected !!