YUK! BIMBING ANAK BELAJAR MENGENAL ANGKA

ORANGTUAIDAMAN.COM Bisa menulis angka itu belum tentu memahami makna angka yang ditulis. Angka adalah suatu simbol yang digunakan untuk melambangkan suatu nilai bilangan. 

Banyak orangtua membimbing anak hanya sebatas menghafal angka. Tanpa membimbing agar anak memahami nilai angka. Hal itu dapat membuat anak mengalami kesulitan saat melangkah lebih lanjut. Mempelajari operasi matematika yang Penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian.

Supaya anak memahami nilai sebuah angka, diperlukan alat bantu. Alat bantu seperti apa? Ada banyak alat bantu belajar yang bisa digunakan sebagai sarana mengenal angka. Permainan puzle dan permainan edukatif lain bisa dibeli di toko mainan untuk mengenalkan angka. Manik-manik, lidi, potongan ranting, biji-bijian, helaian daun di kebun dan buah-buah kecil di kebun.

Jika benda-benda tersebut tidak dimiliki, mama pintar bisa menggunakan gambar. Alat bantu dipilih sesuai dengan kesukaan anak. Hal ini bertujuan agar proses belajar menyenangkan. Sehingga anak lebih mudah ,memahami, dan akan mengingat hal itu sebagai sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

Misalnya, jika anak suka bermain pasaran atau masak-masakan, mama pintar bisa menggunakan buah-buahan kecil, biji-bijian atau helaian daun. Biarkan anak yang memetik atau mendapatkan alat bantu itu sendiri di kebun. Hal itu akan lebih menyenangkan.

Tulislah angka di secarik kertas. Kemudian, bimbing anak mengisikan sejumlah buah (alat bantu) di samping angka. Sesuai dengan nilai angka. Ulangi proses belajar ini sampai anak memahami.

Kita bisa menggunakan jenis alat bantu yang lain. Ingat ya mama pintar, jika anak sudah merasa jenuh, segera akhiri proses pembelajaran ini. 10 – 15 menit setiap hari sudah cukup. Selebihnya biarkan anak bermain bebas.

Nah, semoga sekarang mama pintar bisa semakin mesra dengan anak. Tak perlu resah meski harus bersekolah di rumah.

Sabar yaaa… jangan bentak apalagi menganiyaya anak lho.Area lampiran

error: Content is protected !!