ALAM ITU GURU YANG BAIK, YUK BERGURU KEPADA ALAM

ORANGTUAIDAMAN.COM Rasa mencintai lingkungan hidup sebaiknya ditanamkan sejak usia dini. Salah satunya dengan jalan mengajak mereka mengamati dan bersahabat dengan alam di sekitarnya secara langsung.

Di lingkungan formal, atau sekolah, anak bisa bersinggungan secara langsung melalui kegiatan belajar di luar sekolah, kebun sekolah, belajar di luar kelas, dan berkunjung ke kebun binatang.

Pendidikan lingkungan hidup tak bisa diwujudkan tanpa mengajak anak atau siswa melakukan kegiatan pengamatan di lapangan.

Misalnya, pengenalan tentang ekosistem, lebih menarik jika anak diajak mengamati secara langsung di lapangan. Tak perlu jauh-jauh. Pengamatan bisa dilakukan di lingkungan yang berada di dekat dengan tempat tinggal anak. Misalnya, di kebun, atau di taman.

Setelah itu, anak diminta mencatat setiap unsur ekosistem yang mereka jumpai. Misalnya: unsur abiotik atau benda mati yang meliputi tanah, batu, air dan udara. Serta unsur biotik yeng leiputi segala mahluk hidup yang mereka jumpai. Misalnya, semut, kupu-kupu, lebah, belalang, tumbuhan dan mahluk hidup lainnya.

Lebih jauh, kita bisa mengajak anak mencermati hubungan dan peran setiap unsur ekosistem tersebut. Dengan demikian mereka secara tidak langsung telah mengamati rantai makanan dan jaring-jaring makanan.

Mau lebih jelas? Yuk… mari kita simak video berikut:

error: Content is protected !!