BULU BABI TERNYATA KAYA GIZI PENDONGKRAK PERTUMBUHAN OTAK

ORANGTUAIDAMAN.COM Tak disangka bulu babi atau landak laut ternyata banyak mengandung gizi yang bagus untuk mendukung pertumbuhan fisik maupun otak anak.

Banyak yang mengira fauna laut ini adalah hewab beracun. Sehingga hingga saat ini landak laut belum banyak yang memanfaatkannya sebagai bahan baku makanan.

Menurut hasil riset Dr Ir Delianis Pringgenies MSc dan Anna Aizzaturroifah SPi dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, dibuktikan bahwa gonad bulu babi meningkatkan jumlah sel neuron otak. Gonad adalah telur bulu babi yang berwarna jingga atau kuning cerah. Menurutnya, neuron berhubungan erat dengan kemampuan belajar. Semakin banyak sel neuron dalam otak, semakin baik tingkat kemampuan belajar.

Dalam penelitian tersebut, gonad bulu babi mengandung 13 jenis asam amino. Delapan asam animo esensial (lisin, metionin, treonin, valin, arginin, histidin, triptopan dan fenilalanin). Sedang lima asam amino non esensial (serin, sistein, asam aspartat, asam glutamat dan glisin).

Bulu babi juga mengandung asam lemak tak jenuh Omega 3 yang berkhasiat untuk menurunkan kandungan kolesterol.

Zat gizi lain yang dikandung bulu babi yaitu vitamin A, vitamin B kompleks dan mineral yang dapat memperlancar fungsi sistem saraf dan metabolisme tubuh manusia.

Setiap 30 gram daging bulu babi, mengandung 3.2 gram protein yang kandungan nutrisinya lebih banyak daripada telur.Fungsi protein adalah membentuk otot-otot tubuh. Selain itu, protein dapat memberi efek kenyang lebih lama.

Fauna berduri ini juga banyak mengandung vitamin C. Fungsi vitamin C antara lain meningkatkan sistem imunitas tubuh dan merangsang kerja otak.

Cara Mengolah

Bulu babi dikonsumsi bagian gonad atau telurnya. Di daerah pantai Drini, Wonosari, Yogyakarta, landak laut dihidangkan dalam bentuk menu oseng-oseng atau tumis. Di Jepang, Bulu babi mentah diolah menjadi sushi.

Bulu babi juga bisa dinikmati bersama dengan roti atau biskuit. Selain itu juga bisa dimasak menjadi menu orak-arik.

error: Content is protected !!