MOBIL NGEBUL? INI PENYAKITNYA

ORANGTUAIDAMAN.COM Tak jarang banyak pengguna mobil yang lalai merawat dan memiriksa kondisi pelumas dan komponen-komponen tertentu sehingga mobil yang tak terawat mengepulkan asap. Secara teknis penggunaan pelumas yang salah juga menyebabkan mobil berasap.

Direktur PT Surganya Mobil Indonesia, Wing Wiryadi Joe kepada JawaPos.com, beberapa waktu lalu mengungkapkan mobil bensin yang sampai mengeluarkan asap berarti ada pelumas atau oli yang masuk ke ruang bakar. Penyebabnya karena ada oil sludge yang menyumbat ring oli.

“Jadi di mobil it ada ring kompresi dibagian atas dan paling bawa ada ring oli. Nah ring ini yang menahan oli tidak masuk ke ruang bakar. Bentuknya biasa elastis dan bisa menutup dan mengembang menutup dinding piston. kalau dia tak menempel ke piston otomatis oli akan masuk ke  ruang bakar,” kata Wing 

Ia menambahkan ring yang tadinya elastis yang sudah nyangkut karena kotoran atau oil sludge membuat ring tidak menempel di dinging piston sehingga oli langsung masuk ke ruang bakar dan terbakar dan saat proses itu terjadi mobil mengeluarkan asap yang tidak lasim.

“Ring yang menutup terus akhirnya tidak bisa menempel ke dindingnya piston. Akhirnya olinya lewat ke atas. Begitu piston turun olinya naik, ke ruang bakar. Nah akhirnya oli kebakar. oli kebakar ini yang menyebabkan ngebul,” terang pria supel itu.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya pelumas yang digunakansesuai dengan spesifikasi mobil karena bila tidak maka molekul oli akan cepat rusak dan membentuk sludge oil yang menyumbat komponen mesin sehingga pembakaran tidak menajdi normal.

Pelumas yang rusak dan menjadi sludge oil itu yang akan menyumbat komponen-komponen termasuk membuat fungsi ring pada mesin tidak optimal akhirnya bensi dan udara yang harus dibakar mendapat tambahan oli sehingga mobil berasap.

error: Content is protected !!