QUANTUM MEDIA CENTER: SOLUSI PEMBELAJARAN ERA DIGITAL

ORANGTUAIDAMAN.COM Dunia pendidikan telah berevolusi. Selain cara  konvensional, metoda pengajaran lewat multimedia menjadi kebutuhan yang tak terhindarkan.

Saat ini guru tidak hanya dituntut menguasai disiplin keilmuan saja, tapi mesti menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.  Termasuk  menguasai  metoda pengajaran  berbasis multimedia. Apalagi sejak SD pun para siswa sudah melek komputer.   Di sisi lain masih banyak  guru  memiliki bekal minim dalam hal keterampilan teknologi.  Bagi Teguh Arie Sandy, mahasiswa universitas Negeri Malang, fenomena ini dijadikan peluang bisnis. 

Finalis Wirausaha Mandiri 2010 Tingkat Nasional ini mendirikan Rumah Media bernama Quantum Media Center. Sebuah unit usaha yang menawarkan jasa pembuatan modul pengajaran berbasis multimedia, jasa pelatihan multimedia bagi para guru, solusi dan konsultasi, pengembangan perangkat lunak (software development) untuk jenis media pembelajaran dan bisnis, website, e-learning dan toko online. “Program pelatihan pemanfaatan multi media seperti ini masih jarang dilakukan.  Sehingga peluangnya masih sangat besar,” Teguh Arie Sandy

Tidak mengganti peran guru

Yang perlu diingat di sini,   multimedia hanyalah peranti  untuk mempermudah proses pembelajaran.  Sama sekali tidak menggeser peran guru.  Justru  guru dapat memanfaatkan dan mengembangkan media belajar yang menarik sesuai dengan kebutuhan siswa.  Dengan begitu  guru mampu menyajikan pelajaran lebih menarik.  Baik  melalui kombinasi teks, gambar, video, grafis, animasi dan suara.  Dengan demikian kehadiran teknologi multimedia dapat mempermudah siswa dalam meresapi ilmu yang disampaikan oleh guru.   

Perlu diketahui  

Agar efektif, penyusunan media interaktif  untuk pembelajaran harus sesuai dengan berbagai kaidah dalam media. Jenis huruf dan warna harus dipilih tepat, karena bisa memberi  kesan dan makna yang berlainan. Sementara itu, warna cerah dapat menarik perhatian dan digunakan untuk menekankan sesuatu.  Namun, yang perlu diperhatikan, warna menyolok yang terlalu banyak dapat mengakibatkan siswa menjadi cepat capai.  Disamping itu, warna cerah membutuhkan kapasitas penyimpanan lebih besar.  Sebab,  memiliki resolusi tinggi. 

Kelebihan Meidia Belajar Multimedia

  • Berbagai riset menyatakan,  media belajar audio-visual lebih disukai banyak siswa. Pengalaman belajar juga banyak diperoleh dari indera penglihatan. 
  • Media interaktif memiliki daya serap dan daya tangkap yang tinggi. Hal ini disebabkan media ini melibatkan keaktifan siswa.
  • Meringankan tugas guru.  Sehingga Gura dapat memanfaatkan waktu untuk kepentingan lain yang lebih produktif. 
error: Content is protected !!