TAK ADA KALAHNYA BERBAGI KESELAMATAN DENGAN PENGENDARA SEPEDA MOTOR

ORANGTUAIDAMAN.COM – Mengendarai sepeda motor itu menyenangkan. Namun, kita tahu bahwa pengendara sepeda motor memikul risiko lebih besar dibandingkan dengan pengemudi mobil. Sebab, pengendara sepeda motor tubuhnya terbuka. Tidak terlindung oleh kabin besi layaknya pengendara mobil.  Kondisi “full body contact” seperti  itu yang membuat mereka berisiko jika sewaktu-waktu mengalami kecelakaan.

Kondisi tersebut  yang harus diperhatikan oleh pengemudi mobil agar sudi turut berbagi jalan dan keselamatan dengan pengendara sepeda motor. Tips kali ini akan mengungkapkan bahwa pengendara sepeda motor harus memperoleh perhatian dan diprioritaskan oleh pengemudi mobil. Berikut tips aman tersebut

1. Mewaspadai Pengendara Sepeda Motor Agresif

Sama seperti pengemudi mobil, pengendara sepeda motor juga ada yang berperangai agresif dan ugal-ugalan ketika berada di jalan raya. Disarankan agar tidak mudah terpancing oleh pengendara tersebut. Tetap bersikap tenang. Jagalah jarak aman. Ketika Anda memberi ruang dan memberi kesempatan kepadanya, kemungkinan besar pengendara ugal-ugalan itu akan segera mendahului Anda. Dengan demikian, berarti bahaya telah berlalu. Anda menjadi lebih tenang, nyaman dan aman mengemudikan mobil.

Marah dan ikut terpancing lantas berperingai agresif justru akan menjerumuskan Anda ke dalam kemungkinan terjadinya kecelakaan. Yang lebih parah, Anda akan menjadi ikut terlihat konyol dan bodoh.

2. Cermati Selalu Kaca Spion, Nyalakan Lampu Sinyal Ketika Akan Berbelok

Hindari kebiasaan mengemudi asal main sodok mirip seperti sopir angkot. Cermati selalu kaca sepion, dan nyalakan lampu sinyal (riting) sebelum berbelok, berbalik arah, atau melakukan pergantian jalur. Sering kali pengemudi mobil melalaikan prosedur tersebut. Mengemudi sambil berkomunikasi menggunakan smartphone itu sama sekali tidak dianjurkan. Jagalah konsentrasi pandangan mata Anda. Smartphone mengurangi konsentrasi Anda dalam mencermati kaca spion maupun pendangan kea rah depan.

3. Perhatikan Penumpang dan Posisi Parkir Anda

Jika Anda memiliki penumpang, dan mereka ingin keluar dari mobil, pastikan Anda memeriksa cermin di sisi mereka sebelum mereka mencoba untuk keluar. Beri peringatan kepada penumpang sebelum keluar dari mobil jika dari arah belakang Ada sepeda motor. Itu keluar dari mobil ketika kondisi di luar sudah benar-benar aman.

Perilakan penumpangHindarilah membuka pintu secara tiba-tiba saat Anda berada di dekat lampu trafik atau ketika sedang parkir. Pilihlah tempat parker yanga aman dan benar. Hindari tempat parker yang bisa menghalangi pandangan pengendara sepeda motor, atau sebaliknya tempat parker yang membuat pandangan Anda terhalang. Tempat perkir seperti itu berpotensi besar mengakibatkan kecelakaan.

 

error: Content is protected !!