ACCU MOBIL TEKOR? JUMP START PILIHAN TEPAT SAAT DARURAT

ORANGTUAIDAMAN.COM – Ketika kunci kontak dihidupkan namun mobil tetap diam, pengapian tidak berlangsung, lampu indikator di panel tidak bergerak naik, atau tak ada gerakan apa pun. Kondisi itu mengindikasikan baterai mobil mati. Ya semua mobil memiliki baterai. Bukan hanya iPod yang punya baterai. Hanya saja, baterai di mobil punya kemampuan mengsis ulang sendiri dari alternator yang digerakkan oleh mesin.

Berikut ini diuraikan tips mengisi ulang baterai mobil Anda. Teknik ini sering dikenal sebagai Jump start mobil. Beberapa hal wajib dipersiapkan. Di antaranya: kabel jumper, sikat kawat, sarung tangan karet serta kacamata. Ada baiknya perlengkapan itu selalu tersedia di dalam mobil. Sehingga ketika mobil dalam kondis darurat Anda bisa langsung menggunakannya.

Sebelum Anda melakukan jump start, Anda harus memastikan apakah aki yang menyebabkan mobil Anda tak mau hidup. Banyak penyabab yang memicu mesin mobil tak mau hidup. Untuk memastikan hal tersebut, cobalah menyalakan perangkat mobil yang ditenagai oleh aki. Misalnya wiper, lampu depan dan perangkat audio yang terdapat di mobil. Jika tidak satu pun perangkat tersebut yang bisa dihidupkan, hal itu menandakan bahwa aki kendaraan Anda memang benar-benar bermasalah.

Lakukan cek air terlebih dulu. Aki yang kehabisan air kemudian dijumper akan semakin rusak. Pastikan aki tidak mengalami kebocoran.  Berikutnya jump start bisa dilaksanakan. Agar bisa melakukan jump start Anda membutuhkan mobil donor. Posisikan mobil donor dengan mobil Anda agar aki keduanya saling berdekatan. Selanjutnya, Anda bisa menghubungkan kabel jumper. Kabel berwarna merah dihubungkan dengan terminal aki bermutan positif, dan kabel berwarna hitam dihubungkan ke terminal aki bermuatan negatif.

Kutup negatif dn positif bisa dipastikan dengan melihat tanda yang tertera di terminal aki. Jika tanda tersebut tidak terlihat, bersihkan kedua terminal itu. Saat kabel dihubungkan, biasanya percikan api akan keluar. Tenang! Hal itu normal. Percikan api seperti itu yang mengharuskan Anda mengenakan kaca mata pelindung.  

Lalu seperti apa rangkaian yang harus dibuat? Kabel berwarna merah pada baterai donor dihubungkan dengan kabel merah pada baterai kendaraan yang mati. Lantas, kabel hitam pada mobil pengisian dihubungkan ke kabel hitam pada baterai kendaraan yang mati. Setelah itu cobalah menghidupkan mobil yang mati akinya. Apa bila sudah berhasil hidup, biarkan mesin hidup untuk beberapa waktu sekitar 20 menit. Lepas kabel jumper. Agar tidak terjadi hubungan pendek, lepas kabel negatif terlebih dulu.

error: Content is protected !!