JERSEY WOOLY: SUKA UDARA SEJUK, GEMAR CAMILAN KERING

ORANGTUAIDAMAN.COM – Meski berambut panjang, Jersey Wooly lebih mudah dirawat bila dibandingkan dengan jenis gondrong pada umumnya. Rambutnya tak mudah gimbal.

Tak heran jika sejak kemunculannya di akhir tahun 2011, fauna lucu ini merampas perhatian banyak hobiis. Sosok kelinci JW yang seperti itu, tak terlepas dari adanya darah ND (Netherland Dwarf) yang bertubuh imut dengan French Angora berambut panjang yang mengalir dalam darahnya. Dari kedua jenis kelinci inilah asal JW.

Rambut Enggak Gampang Gimbal
Rambut panjang JW tak mudah gimbal. Hal ini dikarenanya jenis rambut yang dimiliki JW didominasi rambut pelindung (hair guard) yang tak mudah kusut.

Rambut JW terlihat lebih panjang dan tebal bila diperlihara di lingkungan bersuhu adem.  Suhu yangdibutuhkan berkisar antara 22-250C.  Namun bukan berarti di tempat non-AC, kelinci ini tak bisa tampil kece. Asalkan sirkulasi udara lancar, lingkungan bisa terhindar dari suasana gerah. Sehingga kelinci tak merasa kepanasan.

Fakor makanan pun berperan besar dalam menjaga tampilan JW. Makanan pokok JW adalah pelet dan hay. Kelimci ini cenderung berpantang pakan basah. Karena selain dikhawatirkan mempengaruhi kesehatan pencernaan, pakan basah dipercaya bisa membuat kualitas kotoran jadi lebih encer sekaligus menimbulkan bau tak sedap.

Selain dengan pakan berkualitas, untuk menjaga agar kotoran tak berbau, disarankan agar menambahkan serutan kayu di empengan tempat penampungan kotoran. Serutan kayu mampu menyerap cairan kotoran sehingga bisa mengurangi aroma tak sedap tersebut.

Jangan Lupa Potong Kuku
Setelah urusan pakan kelar, kini tinggal teknik perawatan harian. Karena berambut panjang, JW tetap memerlukan penyisiran. Walaupun tak perlu setiap hari disisir, langkah ini bisa membuat tampilan rambut JW jadi terlihat lebih rapi. Anda bisa menyisirnya semisal 3-4 hari sekali. Penyisiran ini selain untuk merapikan rambut JW,  dipercaya mampu merontokan rambut tua. Sehingga secara tak langsung bakal merangsang pertumbuhan rambut anyar.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebersihan kukunya. Lakukanlah pemotongan bila kuku terlihat panjang. Anda bisa menggunakan gunting kuku untuk kucing. Ataupun gunting kuku untuk manusia. Nerhati-hatilah saat memotongnya. Jangan sampai terkena jaringan pembuluh darah. Karena hal ini bisa mengakibatkan timbulnya perdarahan.

Jika tampilannya sudah oke, jangan lupa melatihnya untuk berpose. Setidaknya ada 2 pose idola hobiis ketika JW tampil di arena kontes. Pose pertama adalah postur JW harus terlihat tegap. Bagaimana itu? Kedua kaki depannya harus lurus. Kepala berdiri dengan kedua telinga tampak tegak. Sementara punggung terlihat melengkung dengan kaki belakang melipat rapat.

Hal ini diamini pula oleh Zay. Bahkan ia sudah mulai melatih JW sejak kelinci tesebut berumur kurang dari sebulan. Untuk melatih berpose, Zay menggunakan meja khusus. Menurutnya penggunaan meja ini agar kelinci jadi terbiasa pada saat berada di arena kontes.

Pose idola kedua adalah juntaian rambut badan mampu menutup seluruh bagian kaki. Namun kepala dan kedua telinga tetap harus berdiri tegak. Pemilik, harus rajin melatih agar bisa berpose seperti itu.  Jika semua syarat ini telah dipenuhi oleh seekor kelinci, bukan tak mungkin gelar jawara bakal datang menghampiri. Bandrolnya pun bakal terkatrol naik.

Postur Ideal
Harga seekor JW dewasa bisa dibanderol Rp 5 juta. Tentu tak semua kelinci bertubuh imut ini berbandrol sedemikian tinggi. Hanya kelinci berpostur ideal saja yang dianggap pantas dihargai jutaan rupiah.  Pertama tentu saja postur tubuhnya. Ia harus pendek dan kompak. Bahu lebar. Punggung terlihat meninggi di atas pinggang dan jatuh mulus ke arah pangkal ekor. Bobotnya harus enteng (sekitar 1,5 kilogram)

Selain bobot tubuh, telinga adalah bagian tubuh penting lainnya. Paling panjang sekitar dua ruas jari telunjuk. Bagian berikutnya yang jadi perhatian hobiis adalah kepala yang harus lebar dan pendek. Terlihat seimbang dengan posturnya. Jika dilihat dari samping, tampak pendek, tebal, dan membulat. Nilainya bakal semakin tinggi bila matanya pun terlihat tajam dan cerah.

error: Content is protected !!