PUCUK MERAH: BIKIN TAMAN TEDUH DAN MERIAH

ORANGTUAIDAMAN.COM – Syzygium oleina memikat lantaran memiliki pucuk daun muda dengan warna merah menyala. Karenanya tanaman ini juga dijuluki pucuk merah.

Tanaman asal Indochina dan Malaysia ini mulai naik daun sekitar tiga atau empat tahun silam, hingga sekarang. Tumbuh sebagai tanaman berkayu dengan tinggi lebih dari 5 m, bahkan ada yang bisa mencapai puluhan meter. Karena sosoknya yang cukup tinggi dan bertajuk rimbun, masyarakat biasa memanfaatkannya sebagai pohon pelindung.

Pucuk merah termasuk marga Syzygium, bersama beberapa tanaman lainnya, seperti cengkih, jambu mawar, jamblang, dan lainnya. Ciri khas dari marga Syzygium adalah aroma daunnya khas saat diremas, karena kandungan minyak asiri. Ada yang berupa tanaman buah, rempah, dan bumbu, sementara pucuk merah dikenal sebagai peneduh.

Proses penanaman pucuk merah dalam pot.

Tumbuhan dari keluarga Myrtaceae ini mempunyai kelebihan karena ujung daunnya berwarna kemerahan. Cukup memikat ketika ditanam berjajar di dekat pintu gerbang. Selain ditanam langsung di lahan, pucuk merah bisa juga ditanam sebagai tanaman hias dalam pot besar. Sosok tanamannya yang cantik dan pucuk daun muda yang berwarna merah menyala, mampu menciptakan suasana semarak dan atraktif di taman.

Dibuat Topiari
Syzygium alias pucuk merah lazim dimanfaatkan sebagai tanaman di pinggir jalan kompleks dan pekarangan penduduk, sebagai pohon peneduh atau pelindung. Fungsi peneduh itu tetap dipertahankan. Bahkan karena tajuknya yang rimbun dan pucuk daunnya yang memerah, tanaman ini dapat berperan sebagai architectural plants. Semisal pucuk merah yang ditanam berderet rapi di pinggir gerbang masuk ke pekarangan rumah maupun kompleks permukiman.

Dalam tata taman, tanaman yang masih bersaudara dekat dengan cengkih ini biasanya didesain menjadi single sculpture. Bentuk yang dipilih biasanya geometris simetris. Misalnya bentuk bola, tabung sampai kerucut untuk mempertegas bentuk aslinya. Dipertahankan tetap dalam pot. Sangat cocok digunakan untuk mengapit pintu atau jalan masuk di teras.

Pucuk merah dengan tajuknya unik, baik bentuk maupun warna yang mencolok, cukup digemari. Di area taman, kehadiran tanaman pucuk merah dapat menciptakan point of interest dan dimensi lebih. Selain tajuknya yang rapat dengan bagian pucuk daun yang memerah, tanaman ini juga mudah dibentuk sesuai selera. Dengan cara memangkas ranting dan tajuknya, tanaman ini bisa dibentuk menyerupai binatang tertentu atau bentuk topiari lainnya.

Sebagai Focal Point
Sebuah taman, seberapapun luasnya, wajib mempunyai titik fokus. Suatu titik  dimana mata dapat sejenak beristirahat, sebelum pandangan mata bergeser ke obyek lainnya. Dalam istilah pertamanan, titik fokus itu lazim disebut focal point.

Apalagi dengan hamparan hijau di sekeliling taman,  focal point akan sangat menguatkan view, dan menarik mata untuk terus menatap sudut demi sudut taman.  Dalam merancang taman, penting sekali untuk menempatkan dan menemukan fokus di taman.

Dalam tata taman,  focal point idealnya ditempatkan dengan memperhatikan  view point dari dalam rumah (seperti jendela, pintu, teras) dan area duduk di dalam taman itu sendiri. Posisi focal point bisa di ujung stepping stone atau jalan setapak, di samping pagar, atau dekat kolam.

Ada banyak cukup banyak pilihan focal point, baik elemen hard material (misalnya tempayan, meja kursi taman, gazebo) maupun soft material (pohon atau topiari tanaman). Namun perlu dipahami bahwa focal point di area taman harus jelas dan sederhana.

Pilihan focal point bisa berupa pohon yang memiliki bentuk maupun karakter daun yang unik. Seyogyanya focal point dibuat menyatu dengan desain taman secara keseluruhan. Dengan karakter pucuk daun mudanya yang memerah, Syzygium cocok dinobatkan sebagai focal point di area taman kita. Kehadirannya akan menciptakan suasana yang meriah. Apalagi kalau tumbuh di antara tanaman lain yang bernuasa hijau, pucuk merah akan tampil atraktif dan mencolok. Sehingga bisa menghasilkan pemandangan yang harmonis dan menawan.

Pucuk merah dengan karakter warna daun merahnya termasuk kategori hot colours, bisa dipadupadankan dengan kelompok warna cool colours, semisal hijau. Warna merah pucuknya identik dengan kekuatan, membuat taman nampak berenergi dan hangat. Kehadirannya bakal membuat taman menjadi lebih semarak, menggugah emosi, dan menyegarkan spiritualitas.  

             

error: Content is protected !!