PILAH-PILIH PAKAN INDIAN STAR

ORANGTUAIDAMAN.COM – Daging tak disarankan disajikan sebagai kudapan kura-kura indian star. Menu lain yang dipantang adalah cat food dan dog dood. Lantas hidangan sehat seperti apa yang diharapkan Si Kura-kura Bintang?
 
Indian star sebenarnya adalah herbivora sejati yang memakan tumbuh-tumbuhan. Di habitat alami, ia menyantap menu tetumbuhan sampai 90%, dan sisanya berupa bangkai dan cacing tanah. Tetapi perlu diingat, sisa menu non-tumbuhan itu dilahap pada masa-masa sulit. Saat tidak ada lagi tumbuhan yang bisa disantap karena musim kering.

Asupan protein tinggi disinyalir menjadi salah satu pemicu kelainan pertumbuhan karapaks atau tempurung kura-kura macam pyramiding. Selain itu protein tinggi diketahui bisa menyebabkan gangguan kesehatan terutama pada ginjal dan liver.

1. Makanan Berserat
Sumber utama makanan kura-kura bintang di alam adalah rerumputan dan gulma. Jenis pakan ini mendominasi, 70-75% dari total isi perutnya. Seperti jenis kura-kura darat yang lain, indian star membutuhkan serat dalam jumlah yang besar agar bisa tumbuh sehat dan ideal. Beberapa jenis rerumputan menjadi santapan kesukaannya, antara lain buffalo grass, bermuda hay, dan timothy hay.

Rerumputan kering macam timothy hay bisa diperoleh di petshop. Rumput kering ini juga digunakan sebagai sumber serat kelinci. Jenis rumput yang disebut dalam berbagai literatur memang susah didapat di Indonesia. Tetapi sebenarnya bisa diganti dengan rumput gajah misalnya, kura-kura tetap mau menyantap. 

2. Kaktus dan Hibiscus
Masih ada lagi sumber makanan lain yang memiliki kandungan serat cukup tinggi, selain dari rerumputan dan gulma. Jenis tanaman berikut ini sebenarnya bisa ditanam sendiri, sehingga tidak perlu membeli terus menerus. Umpamanya kaktus opuntia yang bisa diperoleh dari pedagang tanaman hias. Beken juga dengan sebutan kaktus centong.

Menu favorit lain yang bisa dijadikan pilihan adalah daun dan bunga tanaman kembang sepatu (Hibiscus rosasinensis). Indian star sangat doyan karena warna merah dari bunga hibiscus juga ikut menarik perhatiannya. Masih banyak lagi jenis tanaman berserat yang bisa disuguhkan macam daun anggur, daun murbei, daun stroberi, dan ki urat.

3. Pilihan Sayuran
Sumber makanan kura-kura bintang yang paling umum diberikan adalah jenis sayuran yang bisa didapatkan di pasar. Meskipun pilihan jenis pakan ini tidak terlalu direkomendasikan. Rambu-rambu yang harus dipatuhi masih sama, pilih sayuran yang mengandung protein rendah, kalsium tinggi, dan fosfor rendah. Bahan pakan dari keluarga kacang-kacangan (leguminoceae), contohnya buncis, sebaiknya dihindari karena mengandung protein yang tinggi.

Okra, caisim, dan fumak adalah beberapa jenis sayuran yang cukup baik disajikan bagi kura-kura asal India dan Pakistan ini. Tetapi porsinya tetap tidak sebanyak makanan berserat yang sudah dibahas sebelumnya. Berikan saja bergantian, supaya kura-kura tidak bosan. Selada dan kangkung juga banyak sekali diberikan sebagai menu karena sangat mudah didapat dan murah, meski sebenarnya bukan pilihan yang baik. Boleh saja diberikan, tetapi hanya sebagai selingan.

4. Kalsium Tanpa Fosfor
Jika komposisi nutrisi dari menu pakan yang disajikan sudah sesuai kebutuhan, sebenarnya tidak perlu lagi memberi tambahan suplemen apapun. Namun hampir tidak mungkin semua kebutuhan nutrisi kura-kura terpenuhi dari makanan saja. Salah satu suplemen yang wajib diberikan adalah kalsium. Kalsium khusus untuk reptil cukup mudah didapatkan. Ada yang berupa cairan, namun paling umum digunakan berbentuk bubuk (powder). Suplemen kalsium untuk manusia sebenarnya juga boleh dipakai.

Pilih kalsium yang tidak mengandung unsur P (fosfor). Fosfor sebenarnya diperlukan juga oleh kura-kura, tetapi suplai dari makanan yang disantap sudah lebih dari cukup. Fosfor yang berlebihan bisa berakibat negatif karena akan mengikat kalsium, sehingga menjadi lebih sulit diserap tubuh. Cara pemberian paling sederhana adalah dicampurkan dalam makanan yang akan disajikan. Suplemen kalsium memang tidak harus diberikan setiap kali makanan disuguhkan, tetapi bisa tiga hari atau seminggu sekali.

5. Konsumsi Air
Indian star berasal dari daerah arid-tropis yang kering dan panas, sehingga ia terbiasa terhadap kekeringan. Ia tidak terlalu membutuhkan suplai air untuk minum setiap saat. Kebutuhan air lebih banyak didapatkan dari makanan yang disantap. Jadi tempat/wadah minum tidak wajib ada dalam kandang kura-kura.

Rendam dalam air dangkal secara rutin, sekitar sepertiga tinggi plastron. Lakukan di pagi hari. Sekaligus memberi kesempatan kura-kura untuk berjemur sekitar 10-15 menit usai berendam. Selama berendam, kura-kura bisa minum sesuai kebutuhannya. Rendam-jemur sangat membantu proses penyerapan kalsium. Sekaligus merangsang kelancaran proses buang kotoran. Ritual ini baik dilakukan setiap pagi. Tetapi bisa juga dilakukan antara tiga hari sampai seminggu sekali. Saat kura-kura dijemur, sediakan makanan segar, dan wajib diawasi.

Boleh Dikasih Buah?
Kura-kura indian star berasal dari kawasan tropis. Ia masih boleh menyantap buah dan umbi-umbian. Di habitat alami, kura-kura bintang dilaporkan menyantap juga ubi jalar, pisang, mentimun, tomat, dan labu. Saat dipelihara, ia boleh saja disuguhi jenis makanan tersebut, sebagai selingan.

Tetapi umbi-umbian dan buah harus dianggap sebagai junk food, sehingga porsi dan periode pemberiannya harus dibatasi. Semisal diberikan dua minggu atau sebulan sekali dalam bentuk potongan kecil. Secara rutin disediakan mentimun sebagai penyuplai air bagi kura-kuranya. “Saya sering kasih mentimun dua atau tiga iris. Jadi tidak perlu diberi wadah air minum. Kebutuhan air kura-kura darat memang tidak banyak.

error: Content is protected !!