MAKAN SIOMAY? JANGAN LUPA MENYANTAP PIRINGNYA

ORANGTUA IDAMAN – Pernahkah Anda  menikmati makanan, sampai piringnya juga ikut disantap? Kalau belum cobalah Siomay Mola Mola (SMM). Selain bisa menikmati kelezatan siomay, lidah Anda juga akan merasakan  gurihnya piring siomay. Maklum, piring  wadah  siomay ini terbuat dari pangsit, bukan plastik, atau keramik pada umumnya. Kreasi panganan  unik ini lahir di tahun 2009 dari tangan   Putra Vandi Suryanto,  finalis Wirausaha Muda Mandiri (WMM).

Setelah jadi finalis WMM, tahun berikutnya  Vandi mendapat  pinjaman dari  Bank Mandiri lewat Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) sebesar Rp 20 juta. Dana tersebut antara lain digunakan untuk mengembangkan usaha  SMM, melalui sistem kemitraan. Salah satu mitranya adalah A Primarta Suryahidayat atau Prima Surya.  “Saya melihat panganan ini unik dan menarik. Selain itu karena tempat tinggal Vandi dekat dengan rumah saya di Kelapa Gading, Jakarta Utara,” terang Prima  memberi alasan mengapa  ikut kemitraan SMM. Ia menginvetasikan dana sebesar Rp 6 juta  sebagai  mitra usaha dengan fasilitas sebuah gerobak.

Pada tahun 2011,  lantaran  Vandi  pindah ke usaha yang lain,  kepemilikan  SMM  dijual  kepada Prima, dengan nilai  Rp 50 juta. Mulailah saat itu Prima yang sehari-harinya masih  bekerja sebagai Analyst Enterprise Resilience di Lintasarta, Jakarta,  mengelola SMM dibantu sang istri, Evi Saraswati.

Di bawah kendali Prima, SMM  mengembangkan  program kemitraan  sebelumnya dengan membuat beragam  beragam pilihan nilai investasi. Investasi Rp 3 juta dan Rp 4,5 juta, tanpa gerobak  dan paket investasi Rp 8 juta dengan menggunakan gerobak. SMM juga menyediakan paket  usaha  boks untuk motor dengan investasi  Rp 5 juta. Biaya sebesar itu sudah termasuk siomay 100 pcs, piring pangsit 50 pcs, pelatihan karyawan, brosur, x banner, bumbu kacang, sambal dan perlengkapan berdagang siomay.  Pilihan paket kemitraan ini, mengasumsikan sang mitra sudah menyediakan  sepeda motor.

Saat ini sudah ada 3 mitra yang bergabung dengan Prima. Total saat ini ada 5 gerai SMM yang sudah berdiri, termasuk 2 kepunyaan Prima. Rencananya  Prima akan menambah gerainya lagi hingga 10 di tahun 2013. Usaha SMM  yang memperkerjakan 5 orang karyawan ini  terus berkembang, meski ketersediaan stok bahan baku ikan tenggiri dan sagu, merupakan salah satu  tantangan tersendiri. (orangtuaidaman.com)

PERKEMBANGAN USAHA:

2009: Siomay Mola Mola didirikan. Finalis Wirausaha Muda Mandiri

2010: Mendapatkan pinjaman  Bank Mandiri Rp 20 juta. Membuka kemitraan, dengan  investasi sebesar Rp 6 juta

2011: Kepemilikan SMM  berpindah tangan dari pemilik lama Putra Vandi Suryanto ke A Primarta Suryahidayat S (Prima Surya) dengan harga pembelian Rp 50 juta.

Prima Surya  (Siomay Mola Mola)

Jl. Teratai No. 24, Komp. Bermis Gading

Kelapa Gading Timur

Jakarta Utara

Email: simolamola@gmail.com

error: Content is protected !!