PASTA GIGI, EKSTRAK BAYAM MERAH

ORANGTUA IDAMAN – Pasta gigi dari ekstrak bayam merah (Amaranthus tricolor) dapat dijadikan inovasi jenis pasta gigi yang dapat mencegah timbulnya karies. Bayam merah mengandung Xylitol. Dalam hal ini, Xylitol mampu menghambat pertumbuhan Streptococcus mutans saat mengubah gula dan karbohidrat lain menjadi asam di dalam mulut.

Gigi merupakan tempat menempelnya bakteri, seperti Streptococcus sanguis dan Streptococcus mutans, yang diduga merupakan unsur etiologis (penyebab) utama kerusakan gigi atau pembusuk gigi. Agregasi bakteri semacam itu serta bahan organik pada permukaan gigi disebut ”plak”.

Pembersihan plak secara rutin dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit gigi dan jaringan pendukung gigi. Plak gigi dan karies yang disebabkan oleh serangan bakteri dapat dibersihkan secara mekanis dan kimiawi. Untuk itu dibutuhkan pasta gigi yang bekerja secara efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi.

Pada bayam merah terkandung tannin, yang mampu menghambat pembusukan. Selain itu juga asam oksalat dengan kemampuan mengurangi produksi asam dengan menghambat aktivitas enzim yang mengubah karbohidrat menjadi asam laktat penyebab kerusakan gigi.

Inovasi
Daun bayam merah dikeringkan lalu diekstraksi dengan menggunakan etanol. Ekstrak cair yang diperoleh diuapkan sampai diperoleh ekstrak kental dengan berat yang konstan. Ektrak daun bayam merah dicampur dengan basis pasta untuk dikembangkan menjadi sediaan pasta. Kemudian untuk memberikan efek segar, sediaan ditambah dengan oleum mentae.

Kontak:
Jika berminat mencoba ide bisnis ini silahkan menghubungi ketua pelaksana program kreatif Pasta Gigi Herbal Anti Karies dari Ekstrak Bayam Merah, Fride Rindu Alami, mahasiswa Fakultas Farmasi UNPAD Bandung, selaku pemegang hak cipta produk ini di mobile phone, email ibe_rindu0405@yahoo.com

error: Content is protected !!