SUVENIR WAYANG GOLEK BISA NGOMONG

ORANGTUA IDAMAN – Tidak seperti pada umumnya yang terbuat dari kayu, wayang golek ini berbahan dasar bambu. Selain bentuk dan warna warni pakaiannya yang menarik, seni pertunjukan tradisional wayang ini mampu menyebarkan pesan moral luhur lewat sang dalang yang memainkannya. Sayang, para penggemarnya kebanyakan para orang tua. Hanya sedikit kaum remaja maupun anak-anak yang mengenal dan tertarik dengan kesenian tradisional ini.

Oleh karena itu munculah ide untuk mengembangkan potensi wayang ini agar lebih menarik, dan disukai kalangan tua, muda, serta anak-anak. Yakni, membuat wayang yang bisa ngomong sendiri meski tanpa dalang. Caranya, wayang golek dilengkapi teknologi voice box. Rekaman suara dalam voice box yang tersembunyi di dalam boneka wayang tersebut menceritakan karakter tokoh, lengkap dengan pesan moral di dalamnya.

Wayang golek dalam botol bisa ngomong

Jadi konsumen tidak hanya melihat bentuk wayangnya saja, namun juga akan mendapatkan informasi tentang sejarah ataupun cerita perwayangan sesuai tokoh yang dibuat. Secara ide, konsep ini sedikit meniru boneka barbie yang bisa mengeluarkan suara.

Tujuan yang ingin dicapai dari program ini adalah memperkenalkan wayang bambu tradisional khas Bogor dengan inovasi teknologi suara, agar lebih dikenal dan disukai oleh masyarakat. Selain itu juga untuk lebih mengembangkan produk para pengrajin wayang bambu di wilayah Bogor.

Inovasi
Sediakan bahan-bahan seperti, bambu, kain perca batik, voice box, tombol mute, kawat, paku kecil, pita, kaca, botol kaca, cutter, gunting, gergaji, palu, pisau, lem, cat, kuas, benang, jarum, dan solder. Awalnya buat wayang dengan menggunakan bahan bambu sesuai dengan karakternya. Setelah jadi beri pakaian yang dibuat dari bahan perca dan diberi warna.

Baju yang dikenakan tentunya disesuaikan dengan karkater si wayang. Kemudian tempelkan voice box pada bagian tengah badan wayang. Sebelumnya voice box sudah diisi suara sesuai dengan karkater si wayang. Agar tidak rusak, tempatkan wayang dalam wadah khusus. Bisa berupa plastik atau yang berbahan dasar kaca.

Kontak
Kalau berminat mencoba ide bisnis ini, silakan menghubungi ketua pelaksana Program kreatif Wayang Bambu Berpita Suara, Aisyah Noor Rafi’ah, mahasiswi IPB, Bogor, selaku pemegang hak cipta program ini, email aisyah_asqar@ymail.com.

error: Content is protected !!