TAS DAUR ULANG LIMBAH JEANS

ORANGTUA IDAMAN – Bentuk bahannya yang tebal dan nyaman membuat jeans banyak digunakan sebagai bahan pakaian, terutama celana. Hanya saja, begitu celana atau baju jeans sudah tidak terpakai, biasanya dibuang. Padahal karakteristik bahan jeans ini kuat dan tahan lama. Karena itu dimunculkan ide untuk memanfaatkan bahan baju dan celana jeans ini menjadi berbagai macam produk. Diantaranya menjadi tas, tempat hp dan dompet.

Nah, selain bisa memanfaatkan barang terbuang menjadi lebih berguna, inovasi dari produk yang dibuat bisa menjadi sumber penghasilan baru. Apalagi produk-produk ini terlihat unik. Sampai kemudian dibuatlah Bank Jeans, sebagai tempat penampungan dan penjualan jeans bekas yang dihargai dalam bentuk uang. Tujuan dari program ini adalah memanfaatkan limbah jeans menjadi barang yang lebih berguna dan bisa menjadi sumber usaha yang menguntungkan.

Inovasi
Celana dan baju berbahan jeans yang sudah tidak terpakai, dipotong jahitannya. Hingga berbentuk lembaran kain. Tinggal kita ingin membentuknya seperti apa. Untuk membuat tas wanita, kita buat dulu polanya dengan menggunakan kertas. Setelah pola tas tersebut jadi, lalu diletakan di atas bentangan kain jeans.

Potong kain jeans tersebut sesuai pola yang ada di kertas dengan menggunakan gunting. Begitu seterusnya. Kemudian satukan potongan-potongan kain jeans tersebut dengan menjadi sebuah tas. Untuk produk lainnya, seperti tempat hp dan dompet proses pengerjaannya sama. Hanya saja bentuknya berbeda.

Kontak
Kalau berminat mencoba ide bisnis ini, silahkan menghubungi ketua pelaksana program, pemanfaatan limbah jeans menjadi produk daur ulang, Mia Clarissa Dewi, mahasiswi IPB.

error: Content is protected !!