YOWKU, YOGHURT WORTEL BEKU

ORANGTUA IDAMAN – Sebagai bahan pangan sumber vitamin A, wortel banyak dikonsumsi dalam bentuk jus, sayuran dan isi panganan tahu goreng atau risol. Karena manfaatnya memang banyak, agar lebih mudah dikonsumsi dibuatlah Yowku, yoghurt wortel beku. Kenapa beku? Biar praktis dan mudah, baik dalam cara mengkonsumsinya atau ketahanlamaannya.

Dengan cara ini, orang yang ingin merasakan manfaat wortel bisa dengan mudah mengkonsumsinya, dan praktis dibawa kemana-mana. Yowku merupakan produk fermentasi ekstrak wortel yang diberi susu skim dan starter yogurt sehingga menghasilakan yogurt dengan cita rasa enak, khas dan bergizi, yang kemudian dibekukan. Dibuat dalam bentuk es mambo dan cup. Tujuan dari program ini adalah memasyarakat konsumsi wortel dengan membuatnya dalam produk yang mudah dinikmati setiap orang. Selain ini, inovasi dalam berbisnis dari produk yang sudah ada.

Inovasi
Pilih wortel yang berkualitas baik. Kupas kulitnya dan cuci hingga bersih. Wortel kemudian diblansir pada suhu 80ºC, selama 10 menit. Setelah itu dihaluskan menggunakan blender. Wortel yang sudah halus tersebut kemudian disaring, jadilah sari wortel. Lakukan pasteurisasi selama 15 menit pada suhu 70ºC, kemudian didinginkan pada suhu 35ºC. Tambahkan starter yoghurt komersial dan diinkubasi pada suhu 40ºC, selama 4-5 jam. Tambahkan larutan gula dan dikemas. Masukan ke dalam freezer selama semalam atau sampai beku, dan jadilah wortel yoghurt beku.

Kontak
Kalau berminat mencoba ide bisnis ini, silahkan menghubungi ketua pelaksana program Yoghurt wortel beku, Yunita Siti Mardhiyyah, mahasiswi IPB Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, di email yunita28@gmail.com

error: Content is protected !!