CINTA DI BALIK SECARIK KAIN ROMBENG

ORANGTUA IDAMAN – Dulu, sewaktu kain masih merupakan barang langka dan mahal, pakaian bekas tidak pernah dibuang, tetapi dimanfaatkan menjadi barang yang berguna. Sekarang semakin sedikit di antara kita yang mempunyai waktu, tenaga,dan keahlian untuk melakukan hal yang sama seperti dilakukan oleh leluhur kita dulu. Pakaian bekas sering dibuang dalam kondisi yang masih bagus.

Pakaian bekas sebenarnya memiliki nilai yang luar biasa dan tak bisa hanya dinilai hanya sekadar dari sisi ekonomis. Pakaian bekas menyimpan sejuta kenangan dan makna yang indah di dalamnya. Jadi pakaian bekas bisa diubah menjadi sesuatu dengan wujud yang baru dan akan memberi makna yang sangat besar bagi si penerima.

Anda bisa membuat sebuah cinderamata yang dibuat dari pakaian bekas anak saat masih kecil atau saat masih bayi. Kemudian memberikannya sebagai hadiah ulang tahun atau saat mereka mulai dewasa, menikah, bahkan sudah berkeluarga.

Carilah pakaian bekas anak yang masih disimpan. Biasanya, pakaian yang paling jelek adalah yang dulunya paling disukai. Kemudian, carilah contoh kerajinan tangan yang dibuat dari kain. Misalnya, alas termos, boneka, tempat sisir, atau tutup teko agar tetap hangat. Tirulah polanya, kemudian jahitlah kain bekas tadi menurut pola yang sudah ada.

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat berbagai bentuk pola dengan kain tersebut. Misalnya, lingkaran, jantung hati, dan bintang. Kemudian jahitlah pola kain itu pada jaket jins atau pakaian lainnya. Kamudian hadiahkanlah keoada anak Anda, pilih hari istimewanya. Misalnyanhari ulang tahun, wisuda, kenaikan kelas, atau pernikahan.

Hadiah seperti itu memiliki makna kasih sayang yang sangat besar. Tak bisa hanya dibandingkan dengan nilai rupiah.

error: Content is protected !!