BEGINI POSTUR IDEAL GUPPY UNGGULAN

ORANGTUA IDAMAN – Nilai terbesar seekor  guppy di mata hobiis ada dibagian ekor. Bila ukuran sirip ekornya sempurna, ikan tersebut akan jadi rebutan.

Tentu bukan hanya sekadar besar dan lebar.  Ada syarat lainnya. Yakni warna ekor harus sama dengan kelir sirip atas. Tak ketinggalan, bentuk ekor harus sesuai dengan strain. Ada rounded, veil, spade, delta, dan double sword tail.

Misalnya untuk ekor berbentuk delta maka saat ekornya mengembang bukaannya tak melebihi 120º derajat. Sedangkan untuk veil tail, bukaannya harus berkisar diantara 48º-70º derajat.  Lain lagi dengan bentuk ekor spade. Untuk jenis ini semakin melengkung ekornya, nilainya akan semakin sempurna. Tentu saja  bentuk ekor tersebut harus didukung oleh kondisi yang prima. Ada sedikit saja bolong atau robek, maka nilainya akan berkurang. 

Sirip Atas

Bagian tubuh lain guppy yang dinilai adalah sirip atas.  Panjang sirip atas ini minimal harus mencapai sepertiga  dari total panjang sirip ekor.  Hal ini berlaku bagi semua jenis guppy yang memiliki slayer atas. Khusus untuk jenis snake skin, corak sirip atas harus sama dengan corak badan dan sirip ekor. Bentuk sirip atas ini harus lebar saat mengembang. Terkecuali untuk jenis sirip atas bertipe shark fin alias sirip hiu. Tentu saja kondisi sirip ini harus mulus.  

Selain itu, badan menjadi faktor penentu berkualitas atau tidaknya seekor guppy dalam ajang kontes. Tubuh guppy yang berkualitas harus memiliki ketebalan sekitar seperempat panjang badan (dari ujung mulut sampai pangkal ekor).

Warna sekujur badan ini harus merata. Artinya tidak ada sisi bagian tubuh yang warnanya lebih muda atau lebih tua. Sama seperti bagian lainnya, kondisi tubuh ini harus bersih dari kecacatan seperti sisik terkelupas, bekas luka.

Pamungkas, tentu saja kecantikan tubuh guppy ini harus disokong oleh gerakkan renang yang lincah. Karena hanya ikan sehat yang mampu mempertunjukan gerakan akrobatik dengan “melambaikan” ekornya. Cara berenangnya pun harus lurus, terbebas dari gaya bongkok.

Bentuk Ekor
“Bentuk ekor harus sesuai dengan strain. Ada rounded, veil, spade, delta, dan double sword tail.”

error: Content is protected !!