CANTIK DAN SEJUK BERKAT HANGING BASKET

ORANGTUA IDAMAN – Membatasi pandangan, mengisi kekosongan strata taman, dan mempercantik plafon adalah sebagian fungsi hanging basket alias pot gantung pada sebuah taman.

Untuk mengisinya, para pemilik taman kerap menggunakan dengan soft material berupa tanaman dengan berkarakter menjuntai.  Dengan kondisi seperti itu, hanging basket berperan untuk mengalihkan perhatian. Ia pun bisa berperan untuk  mengisi layer tengah dan menghilangkan kekakuan yang ditimbulkan hard material ataupun bagian rumah. Semisal bentuk kotak jendela rumah.

Tak hanya itu, hanging basket pun bisa berperan untuk memperlunak dan mempercantik pilar. Sehingga area ini bisa terbebas dari kesan kaku.  Caranya pun terbilang gampang. Cukup dengan sentuhan beberapa pot gantung di area tersebut, area ini bakal terlihat lebih lumer. Penasaran? Mari kita lihat beberapa contohnya.

Perlunak Percantik Pilar
Berkat juluran daun Scindapsus yang menjuntai, titik kekakuan seketika meleleh. Apalagi keberadaanya diperkuat oleh latar yang juga dipenuhi pot gantung berisi aneka tanaman. Seperti paku sarang burung (Asplenium nidus) dan paku tanduk rusa (Paltycerium coronarium). Posisinya sengaja di atur supaya memiliki ketinggian berbeda dengan hanging basket yang menempel di pilar teras. Langkah ini serta merta menimbulkan kesan dinamis. 

Supaya kekuatan pot gantung semakin dahsyat, perlu juga Anda mempertimbangkan komponen lain. Misalnya pot plant yang berkarater soliter namun menimbulkan aura fenomenal. Seperti anthurium. Ukuran daun lebar serta disokong oleh tektur daun yang kokoh, jadi modal dirinya tampil sendirian namun tetap menarik perhatian mata.

Manfaatkan  Plafon
Sisa ruang yang tersedia dibagian plafon rumah, bisa pula dimanfaatkan untuk mengisi salah satu strata dalam taman. Disinilah peran hanging basket bisa Anda gunakan. Seperti taman berikut ini. Dengan modal pot gantung berbahan kayu, si empunya bisa mengisi strata tengah tamannya yang kosong.

Terpilih sebagai pengisi pot adalah bromelia, sirih (Piper betle), dan Paperomia (Paperomia hederaefolia). Semua tanaman ini berkarakter menjuntai. Bahkan sebagian menyentuh bagian daun tanaman yang ada di bawahnya.  Alhasil trik ini seakan-akan menyatukan kedua strata tanaman.  

Kombinasi Pot Plant
Guna menimbulkan perbedaan strata ketinggian di sebuah taman tak harus selalu menggunakan ground cover, perdu, dan pohon.  Ada langkah yang lebih praktis. Yakni cukup menggabungkan aneka pot plant.  Jurus mudah ini ternyata bisa menciptakan perbedaan ketinggian tajuk tanaman. Tentu posisi pot dan karakter tanaman pengisinya harus menjadi perhatian utama.

Seperti area teras berikut ini. Terlihat Sedum morganianum ditempatkan dalam hanging basket. Jelas keberadaannya mengisi tingkatan paling atas. Karakter pertumbuhannya yang menjuntai, membuat tanaman ini seolah-olah “menelan” pot yang mewadahinya. Terlihat pula sebuah meja kayu yang berubah fungsi menjadi penyangga pot. Keberadaannya turut mempercantik  titik taman tersebut.

 

error: Content is protected !!