INI, SAAT YANG TEPAT MENGGANTI FILTER UDARA MOBIL

ORANGTUA IDAMAN – Frekuensi pengganian filter udara bervariasi untuk tiap merek mobil. Misalnya, pada kebanyakan mobil Chevrolet interval penggantian filter yang direkonedasikan yaitu setiap 45.000 mil atau 72.000 km. Sementara itu Ford punya rekomendasi berbeda. Filter harus diganti setelah mobil menempuh jarak 48.000km.

Begitu juga dengan mesin mobil Hyundai yang mensyaratkan penggantian filter udara setiap jarak tempuh 48.000km. Namun, khusus untuk mobil yang beroperasi di daerah berdebu, serta kondisi lingkungan yang kering dan panas menyarankan agar penggantian filter dilakukan jika mobil sudah menempuh jarak 24.000km.

Senebarnya, Anda dapat secara mudah menemukan filter di mobil. Sehingga untuk melakukan penggantian, Anda bisa melakukannya sendiri. Cara seperti ini bisa membuat Anda lebih berhemat biaya. Jika Anda masih belum menemukan posisi filter, buku manual akan memandu Anda menemukan komponen pernafasan mobil tersebut.

Lain halnya jika Anda tergolong orang sibuk dan tak memiliki cukup waktu mengganti filter sendiri, paling tidak tips ini bisa menjadi pedoman bagi Anda mengetahui saat yang tepat mengganti filter. Terkadang bengkel meminta Anda mengganti filter. Padahal sebenarnya belum saatnya komponen mobil tersebut harus diganti. Rata-rata usia pakan filter berkisar antara 1 – 2 tahun.

Filter udara harus rajin dirawat agar awet. Palingtidak setiap 2.000 – 3.000km. Sumbatan kotoran bisa membuat aliran udara menuju mesin tersendat. Akibatnya, mobil menjadi sering tersendat. Onsumsi bahan pun menjadi boros.

Filter yang terlalu uzur dapat membuat mesin mobil menjadi cepat panas.  Kondisi seperti ini tentu berdampak buruk pada berbagai komponen yang lainnya. Maka, tak ada salahnya jika Anda mengetahui saat yang tepat mengganti filter mobil. (orangtuaidaman.com)

error: Content is protected !!