KEMUDI MOBIL BERGETAR, SEGERA LAKUKAN BALANCING

ORANGTUA IDAMAN – Banyak pemilik mobil mengabaikan jadwal periodik balancing. Tak ada salahnya, jika Anda selalu mengingatkan mekanik di bengkel setiap kali melakukan servis berkala (5.000km).

Proses mengemudi terasa mulus jika  mobil dalam keadaan seimbang.  Saat itu, ban berputar pada torsi tinggi tanpa ada getaran. Namun, bebagai faktor kecil sering membuat mobil tidak dapat mencapai  keseimbangan maksimal. Penyebabnya sering  tak terlihat. Contohnya, ban yang tidak bulat sempurna, dan berat ban tidak merata. Meskipun ban masih baru, hal seperti itu bisa saja terjadi.

Getaran  saat roda berputar itu bisa diredam. Caranya, roda dibuat supaya bisa menapak sempurna di permukaan aspal. Lantas, langkah apa saja yang dilakukan agar ban bisa seperti itu? Getaran diredam dengan cara memanipulasi tinggi-rendah atau berat di beberapa sisi ban. Bengkel punya alat deteksi  titik keseimbangan ban. Berbekal perangkat itu, mereka melakukan balancing roda mobil.

Lalu kapan saat tepat melakukan balancing? Jika mobil melaju pada kecepatan 90 -100 km / jam kemudian dirasakan getaran itu artinya Anda harus segera mengajaknya pergi ke bengkel untuk melakukan balancing.  Semakin kencang mobil dipacu, getaran kian keras dirasakan. Patokan lain yakni ketika mobil sudah menempuh perjalanan sejauh 8.000km – 12.000km, atau menurut rekomendasi yang tertera pada buku manual.

Banyak pemilik mobil mengabaikan jadwal periodik balancing. Tak ada salahnya, jika Anda selalu mengingatkan mekanik di bengkel setiap kali melakukan servis berkala (5.000km). Langkah tepat terutama  ketika jalan yang rutin Anda lalui banyak terdapat lubang menganga menghadang.

Getaran juga bisa dipicu velg roda bengkok, ban rusak,  bagian suspensi  aus, dan bantalan roda aus. Segera bawa mobil ke bengkel. Agar kerusakan tidak semakin parah.(orangtuaidaman.com)

error: Content is protected !!