PERHATIKAN! OLI KOMPRESOR AC WAJIB RUTIN DITAMBAH DAN DIGANTI

ORANGTUA IDAMAN – Sama seperti bagian mobil lain yang berputar, kompressor AC pun butuh oli. Cairan tersebut berfungsi sebagai pelumas. Kompresor AC menggunakan oli pelumas khusus. Oli tersebut mampu beredar dalam sistem pendingin. Jadi, penambahan oli kompresor tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Banyak orang tak mengetahui bahwa oli kompresor AC harus rutin diganti. Penggantian oli bertujuan supaya kinerja AC tetap bagus serta AC bisa awet.   “Belum banyak pengendara mobil yang menyadarai hal itu. Umumnya mereka datang memeriksakan AC ketika sudah tak dingin lagi. Padahal, sebenarnya eskipun masih dingin AC harus menjalani servis berkala,” tutur A. Rohim, Direktur CV. Sejuk AC Sukses, di Joglo, Jakarta Barat.

Menurutnya, perawatan lebih baik daripada pengobatan. Perawatan AC dengan displin bisa membuat AC bisa lebih awet. Selain itu, Anda juga bisa terhindar dari biaya perbaikan yang mahal. Bagian AC yang paling udah rusak yaitu kompresor. Bagian ini bisa diibaratkan sebagai jantung. “Kompresor itu juga butuh oli. Sama seperti mesin, oli komresor juga harus diganti secara berkala,” kata Rohim.

Lalu kapan kita harus mengganti oli kompresor? Oli kompresor wajib diganti setelah menempuh jarak 20.000km. Tidak banyak orang mengetahui hal tersebut. Sama seperti oli mesin, oli kompresor AC juga bisa diganti atau di-tune up. “Bersamaan saat melakukan servis mesin, oli kompresor AcCharus ditambah,”imbuhnya.(orangtuaidaman.com)

error: Content is protected !!