TIPS DARURAT AC: LANGKAH CERDAS SEBELUM MEMPERCAYAI VONIS BENGKEL

ORANGTUA IDAMAN – AC mendadak bermasalah di tengah kemacetan arus mudik itu teramat mengesalkan pun menggerahkan jiwa dan raga. Ketika hal itu harus terjadi, apa yang harus Anda lakukan?

Bergegas menjatuhkan fonis freon habis itu bukan keputusan bijak. Berikut tips dan langkah cerdas yang bisa dilakukan ketika AC mendadak tak panas di tengah perjalanan. Menurut A. Rohim, Direktur CV. Sejuk AC Sukses di Joglo, Jakarta Barat ekstra fan harus diperiksa terlebih dulu. Khususnya mobil yang telah menerapkan ekstra fan model elektrik.  Jika bagian ini rusak, udara yang dihembuskan oleh AC menjadi tak sejuk. Selain itu, ekstra fan mati juga bisa mengakibatkan mesin menjadi mudah mengalami over heat.

Beberapa penyebab kerusakan ekstra fan yaitu: habisnya karbon brush, kerusakan relay dan sistem perkabelan. Kasus mesin mengalami over heat ketika AC hidup biasanya dialami oleh mobil yang memiliki kondensor bersebelahan dengan radiator. Misalnya mobil Opel Belazer. Sementara itu, mobil yang memiliki kondensor yang tidak berdekatan dengan radiator, ketika ekstra fan mati hanya akan menyebabkan AC menjadi tidak sejuk. Tidak menyebabkan mesin over heat. Contoh mobil yang menerapkan sistem seperti ini yaitu KIA Travello.

Air radiator juga wajib diperiksa. “Mobil yang menerapkan elektrik fan, AC menjadi tidak dingin saat mengalami kekurangan air radiator,” kata Rohim.  Pada saat itu, blower tetap beroperasi, namun kompresor AC menjadi mati. Karakter seperti ini berlaku untuk mobil dengan AC single blower maupun double blower.

Jadi sebaiknya Anda jangan terburu melakukan pengsisin freon saat AC mobil tak dingin. Periksa dulu ekstra fan, dan air radiator. Jika kedua bagian mobil itu dalam kondisi yang baik tapi AC tetap tidak dingin, lakukan pemeriksaan freon.

Nah, sekarang Anda sudah tahu. Menjadi tak mudah terkecoh bengkel nakal. (orangtuaidaman.com)

error: Content is protected !!