TANAMAN RAMBAT BERBUNGA: PERCANTIK LORONG & PERGOLA

ORANGTUA IDAMAN – Bandel dan gampang tumbuh hingga  membuat aneka flora berbunga indah itu cocok ditanam di lahan sempit dan minim sinar matahari.

Ada banyak jenis tanaman merambat berbunga yang bisa Anda pilih.  .  Ragam, flora ini cocok bila hendak digunakan sebagai peneduh.  Sebagian besar tanaman ini toleran terhadap paparan berbagai intensitas matahari. Bunganya yang cantik tetap lebat dan selalu mekar meski kondisi lingkungan di sekitarnya teduh.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh kebanyakan tanaman merambat yaitu bandel serta mudah tumbuh.  Sifat seperti ini membuat pemilik tidak direpotkan oleh pemeliharaan.  Perawatan rutin yang dilakukan cukup pemangkasan. Dilaksanakan  setiap dua minggu sampai sebulan sekali. Pertumbuhan semakin pesat pada waktu musim hujan.

Tanaman merambat berbunga juga sering ditanam sebagai pot plant.  Ukuran diameter pot yang digunakan berkisar antara 20 – 30 cm. Mereka sangat cocok dimanfaatkan sebagai topiari.  Untuk keperluan tersebut, pot harus dilengkapi kerangka. Dibuat dengan kawat atau besi. Topiari tanaman merambat berbunga dapat dipajang di tengah taman maupun di depan pintu gerbang. 

Cara perambatan yang dilakukan tidak sulit.  Butuh kesabaran. Juluran tanaman sedikit demi sedikit dililitkan di kerangka yang sudah tersedia. Agar tak mudah copot diikat dengan tali plastik. Ikatan bisa dilepas bila batang telah kokoh melilit kerangka. Bentuk topiari dan naungan terlihat semakin bagus bila daun tanaman tumbuh rimbun. 

Pemupukan dilakukan setiap 1 bulan sekali.  Menggunakan pupuk NPK. Pilih pupuk dengan kandungan Pospor lebih dari 50%. Atau dengan perbandingan NPK masing-masing 20 : 50 : 30. Tanaman yang ditanam dalam pot mendapat jatah pupuk sebanyak 1 sendok makan. Sementara tanaman yang tumbuh langsung di pekarangan porsi pupuk yang diberikan 2 sendok makan dan diberikan 3 bulan sekali.  Selain itu, pemangkasan juga dapat merangsang sekaligus menambah jumlah tandan bunga yang dihasilkan. 

Dinding dalam lorong sempit bisa disulap menjadi areal hijau yang indah dengan tanaman merambat berbunga.  Dengan karakter seperti itu,tanaman merambat ini cocok bagi pemukiman di kota yang banyak dibatasi oleh tembok-tembok tinggi.  

Berikut 10 jenis tanaman rambat yang bisa Anda pilih.

Strophanthus gratus

Strophanthus gratus

Sering juga dijuluki sebagai oleander merambat.  Tanaman ini bergetah, memiliki bunga bergerombol dalam 1 tangkai.  Suhu udara yang diinginkan berkisar antara 16- 31ºC.  Jenis ini tahan naungan dan tahan terpapar matahari.  Rajin berbunga dan dapat diperbanyak dengan stek batang maupun stek pucuk.  Cocok diaplikasikan sebagai tanaman peneduh dan pagar maupun tanaman pot.

Alamanda cokelat

Alamanda cokelat

Kalau kebanyakan Alamanda berbunga kuning, Allamanda cathartica ini berbunga cokelat.  Berasal dari Amerika Selatan dan India Barat.  Tergolong jenis tanaman bergetah.  Alamanda cokelat rajin berbunga dan tahan terkena sinar pun berada di bawah naungan. Dapat diperbanyak melalui stek batang, cangkok maupun dengan biji.  Cocok diaplikasikan sebagai tanaman peneduh.

Petrea volubilis

petrea Volubilis

Berasal dari Amerika Selatan.  Mampu tetap berbunga lebat meskipun tumbuh di tempat yang ternaung.  Menginginkan kisaran suhu 25 – 35ºC. Cocok diaplikasikan sebagai tanaman peneduh maupun tanaman merambat di atas pergola.  Bunga begerombol dalam tandan.  Tiap tandan panjangnya 30 – 40 cm, berisi ratusan bunga.

Quisqualis indica

Quisqualis indica

Sering juga disebut sebagai tanaman ceguk.  Bunganya unik. Warnanya dapat berubah-ubah.  Bunga muda berwarna putih.  Seiring dengan bertambahnya usia, warnanya akan berubah menjadi merah jambu, hingga akhirnya menjadi merah tua.  Tumbuh subur di dataran tinggi maupun dataran rendah.  Menghendaki tempat tubuh yang lembap.  Kisaran temperatur yang diinginkan 28 – 32ºC

Antigonon leptopus

Antigonon leptopus

Tanaman ini berasal dari Meksiko.  Pertumbuhannya sangat cepat.  Menghendaki tempat penanaman yang terkena sinar matahari secara penuh.  Media tanam yang diinginkan berupa campuran tanah, sekam kompos, dan sekam bakar.  Perbandinganya 2 : 1 : 1. Kisaran suhu yang diinginkan yaitu 21 – 32ºC.  Dapat diperbanyak melalui stek maupun secara generatif dengan biji.

Solandra grandiflora

Solandra grandiflora

Ukuran bunganya sebesar kepalan tangan orang dewasa.  Tanaman ini butuh tempat  terbuka yang banyak terkena sinar matahari.  Solandra grandiflora mampu tumbuh di atas tanah liat maupun berpasir.  Hanya saja ia menghendaki kondisi media tanam yang selalu lembap. 

Malaithong

Malationg

Tandan bunganya bisa mencapai ukuran panjang 80cm.  Dipenuhi ratusan bunga berwarna kuning.  Tandan tumbuh si setiap pucuk.  Semakin banyak pucuk, kian banyak tandan yang dimiliki.

Ipomea braviensis

Ipomea braviensis

Tanaman merambat berbunga cantik ini masih sekerabat dengan ubi rambat.  Cocok diaplikasikan sebagai tanaman pagar.  Termasuk jenis flora yang tahan naungan.  Tetap rajin berbunga meskipun ditanam di tempat teduh.  Tanaman ini tumbuh subur di dataran rendah.  Kisaran suhu harian yang diinginkan yaitu 29 – 32ºC.

Flame of Irian

flame of Irian

Termasuk dalam keluarga Leguminoceae atau tanaman kacang-kacangan. Tumbuh subur dan berbunga di ketinggian lebih dari 300 m. Suhu harian rata-rata yang diinginkan berkisar antara 24 – 25ºC.  Cocok digunakan sebagai tanaman penutup pagar dan pergola. 

Thunbergia mysorensis

Thunbergia mysorensis

Berasal dari Amerika Tengah. Masih sekerabat dengan tanaman terung, tomat dan cabai. Tumbuh subur dan berbunga lebat di dataran tinggi dan berhawa sejuk.  Cocok diaplikasikan sebagai tanaman peneduh di teras rumah.  Menyukai media tanam yang banyak mengandung humus dan lembap. Diperbanyak dengan stek dan dengan biji.

Jadwal Perawatan Rutin
1.      Pemangkasan 2 – 4 minggu sekali.  Terutama pada waktu musim hujan

2.      Pemupukan 2 –  3 bulan sekali dengan NPK berkandungan P tinggi.

3.      Penyemprotan pestisida.  Sebulan sekali. Terutama pada musim penghujan untuk yang berbunga wangi. Semisal Quisqualis indica.

error: Content is protected !!