KACA MOBIL TEMPERED? INI PENJELASANNYA

ORANGTUA IDAMAN – Kaca mobil, umumnya menggunakan kaca tempered. Tak banyak orang tahu asal-usul kaca yang selalu melindungi Anda dari kondisi cuaca di luar mobil. Apa to sebenarnya apa yang dimaksud dengan kaca tempered?

Kaca tempered adalah kaca float yang telah ditingkatkan kekuatannya dengan cara dipanaskan sampai titik didih tertentu (sekitar 700’C) kemudian didinginkan secara mendadak dengan semburan udara dingin pada kedua sisinya, sehingga akan terjadi perubahan gaya tarik dan gaya tekan dari kaca tersebut.

Proses tempered atau tempering memakan waktu yang tidak terlalu lama (tergantung ketebalan kacanya), tetapi yang membutuhkan waktu lama adalah pra proses atau proses sebelum dilakukan tempering. Meliputi pemotongan (cutting), melubangi (drilling), atau menggosok (edging). Selain itu antrian proses tempered di tempat pemrosesan juga kadang memakan waktu lama sehingga untuk kaca tempered secara total prosesnya bisa mencapai satu minggu.

Beberapa karakteristik dari kaca tempered adalah :

1.       Memiliki kekuatan yang tinggi – kekuatan kaca tempered bisa tiga sampai lima kali lipat dari kaca biasa.

2.       Tahan terhadap perubahan suhu – Punya ketahanan terhadap perubahan suhu tiga sampai lima kali lipat dari kaca biasa.

3.       Aman (maka termasuk dalam safety glass) – jika sampai pecah, pecahan kaca tempered akan berbentuk kecil-kecil dan tidak tajam.

4.       Tidak dapat diproses lagi setelah melalui proses tempered – Kaca tempered tidak dapat dipotong atau dilubangi karena hal itu akan merusak keseimbangan gaya tarik dan tekannya. Kaca harus dipotong / dilubangi sebelum proses tempered. (orangtuaidaman.com)

error: Content is protected !!