MBAH JINGKRAK: SAJIKAN MENU PEDAS KHAS SEMARANG

ORANGTUA IDAMAN – Lokasinya gampang dikenali lataran di depan setiap restonya terpasang patung nenek berjingkrak, kepedasan. Maklum 90% menunya rasanya pedas menggigit. Resto yang dihiasi aksesosri antik khas Jawa Tengah ini  memiliki 11 out-let yang tersebar di Indonesia.

 Memasuki ruangan resto pengunjung akan disuguhi welcome drink beras kencur atau kunyit asam yang merupakan minuman khas Jawa Tengah. Dengan uniform pelayannya berpakaian batik, menu yang ditawarkan merupakan hidangan khas dari Semarang.  Salah satu  andalannya adalah  Ayam rambut setan, yaitu ayam goreng yang diolah dengan bumbu pedas,  ditambah hiasan potongan cabai hijau di sekitarnya. Seolah ayam goreng itu ditumbuhi rambut  cabai.

Es Jakem yang Segarrrr…

So,   bisa dipastikan rasanya akan membuat orang “jejingkrakan” karena kepedasan. Sedangkan minuman unggulannya,  Es Jakem. Berisi campuran alpukat, kelapa muda, jelly, selasih dan susu dengan warna merah muda yang menyegarkan.

Meski kebanyakan makanan Jawa identik dengan rasa  manis,  resto ini sengaja menyediakan menu   rasa pedas. Dengan  90 % menu masakannya bercitarasa pedas, para penggemar cabai benar-benar dimanjakan. Menurut  Eva, Captain Resto Mbah Jingkrak, Depok, menu  khas ini sengaja dipilih, karena cita rasa pedas disukai semua kalangan bukan hanya  orang Jawa saja. Meski begitu,  menu  yang tidak pedas pun tersedia. Pilihannya bervariasi, tergantung selera pengunjung.

Harga yang ditawarkan tidak se”seram” seperti nama menu – menu yang disajikan. Untuk makanan berkisar antara Rp 2.500 – Rp18.000/porsi dan untuk minuman sekitar Rp10.000  – Rp18.000. 

Dihiasi pernik antik
Rumah makan  ini pertama kali didirikan tahun 2005 di Semarang.  Sekarang memiliki 11 outlet, tersebar  di seluruh Indonesia. Resto Mbah Jingkrak  di Jl. Margonda Raya Depok, Jawa Barat  dibuka  April 2010 yang lalu. Desain  ruangan yang ditonjolkan  beraksitektur etnik Jawa  khususnya Semarang. Kesan etniknya terlihat kental dari aneka asesori dan pernak – pernik  antik Jawa semisal sepeda kuno, pigura kuno, kaleng kerupuk kuno. Semua property dari bangku dan meja didatangkan langsung dari Semarang. Alunan musik gamelan yang diputar semakin menghadirkan suasana hangat di tempat makan ini.

Karena lokasinya di dekat beberapa kampus, tersedia paket khusus untuk mahasiswa dan paket prasmanan. Paket mahasiswa  senilai Rp.11.000/orang,  terdiri dari nasi, lauk, dan teh. Sedangkan untuk paket prasmanan (untuk 15 orang ke atas) disediakan display makanan sendiri untuk prasmanan. Untuk weekdays display makanan yang disediakan tergolong sama, tapi khusus weekend display  di tambah untuk memberi variasi menu agar pengunjung tidak bosan. Menurut Eva, pada hari hari biasa omzet Mbah Jingkrak Depok  sekitar Rp  4 – 5 juta / shift / hari (sehari 2 shift). Sementara pada akhir minggu  sekitar Rp 10 juta / shift / hari (sehari 2 shift)

Target konsumen yang disasar, semua kalangan. Saat weekend biasanya didominasi rombongan keluarga yang berkunjung ke tempat ini. “Koki kokinya kami datangkan langsung dari Semarang sehingga cita rasanya tidak berubah.”ungkap Eva.  Yang membedakan  Mbah Jingkrak Depok dengan out-let lain,  yaitu karyawan bebas berkreasi mengeksplorasi resep. Para koki bebas berkreasi menghasilkan menu baru. Apabila dinilai enak dan layak dijual maka akan dimasukkan ke dalam daftar menu.

Menu nyleneh
*). Menu andalannya, Ayam Rambut Setan, yaitu ayam goreng yang diolah dengan bumbu pedas,  ditambah hiasan potongan cabai hijau di sekitarnya. Seolah ayam goreng itu ditumbuhi rambut  dari cabai. Rasanya dijamin membuat “jejingkrakan” lantaran kepedasan.

*). Menu lainnya, sambel iblis, mangut lele, ayam wewe, oseng genjer,  dan iwak pe (gulai pedas ikan teri).

*).  Minuman andalannya, Es Jakem, yang berisi  campuran alpukat, kelapa muda, jelly, selasih dan susu dengan warna merah muda yang menyegarkan dan menggugah selera.

*). Minuman lainnya tak kalah unik seperti Es Kolor Ijo, Es Demit, Es Insyaf, Es Surga, dan masih banyak lagi.

Info resto
Resto Mabah Jingkrak
Karyawan 36 orang
Jam buka; Pukul 10.00 sampai 22.00 WIB.
Alamat : Jalan Margonda Raya no. 291 Depok,
Jawa Barat
No telepon : 02177218301

error: Content is protected !!