MUSIM KEMARAU TIBA, PERIKSA AKI MOBIK AGAR TETAP PRIMA

ORANGTUA IDAMAN – Kondisi fisik dan beban kerja aki mobil semakin bertambah ketika musim kemarau tiba. Hawa gerah  membujuk Anda mengaktifkan AC secara aksimal dan memutar fan pada putaran maksimal pula. Sementara itu, udara di bawah kap mesin juga teramat panas. Membuat cairan di dalam aki lebih mudah menguap.

Keterlambatan pengsisian aki akan merusak struktur internal aki. Kondisi aki yang minim air menjadi semakin rawan mengalami kerusakan ketika tegangan pengisian listrik dari regulator terlalu besar. Jadi disarankan, selain memeriksa air aki, sebaiknya juga memeriksa tegangan regulator.

Berikut tips perawatan aki saat musim kemarau tiba

1.       Pastikan sistem pengisian listrik bekerja secara normal dan pada tingkat tegangan yang benar. Tegangan pengisian yang berlebihan dapat memperpendek usia aki.

2.       Isi air aki sesuai dengan volume atau tanda yang tertera di badan aki. Pengisian yang berlebihan bisa mengkibatkan air aki tumpah. Dikawatirkan air tumpahan tersebut memicu terjadinya kekeroposan logam-logam di sekitarnya. Periksa pula selang pernafasan aki. Air aki berfungsi membantu mendinginkan sel-sel aki. Bila air tidak segera diisi, sel-sel aki bisa melengkung. Lengkungan sel akhirnya membuat kutup positif dan negatif bersentuhan. Sehingga memicu terjadinya korsleting. Akhirnya aki tidak bisa lagi menyimpan listrik.

3.       Bersihkan korosi yang terjadi di bagian terminal aki dan sambungan kabel. Gumpalan korosi dapat menghambat aliran arus listrik.

4.       Mencegah terjadinya arus pengisian aki terlalu besar. Aki yang terlalu banyak dibebani oleh perangkat elektronik, akan mendapat arus pengisian besar saat mobil di-starter. Semakin sering aki mendapatkan pengisian arus listrik maka umur aki tersebut menjadi semakin pendek.

5.       Periksa dan pastikan voltage regulator atau IC regulator dalam kondisi masih bagus. Jika perangkat tersebut mengalami kerusakan, air aki akan mendidih dan mengalami overheat. Sebab, aki akan terus mendapatkan pasokan listrik meskipun sudah penuh. Nah, pada saat musim kemarau, IC regulator harus benar-benar dalam kondisi yang prima. Sehingga bisa memasok arus dalam porsi yang tepat. (orangtuaidaman.com)

error: Content is protected !!