RESTO nDALEM NGABEAN: MENUNYA PAKET YOGYA HERITAGE 

ORANGTUA IDAMAN – Inilah eksotiknya Yogya. Resto nDalem Ngabean tak hanya menyajikan menu tradisional, tapi juga paket wisata  plus makan siang sambil menikmati  tarian. Dengan paket all you can eat  versi Jawa,  resto di lingkungan kraton  Yogya ini menyajikan suasana kuliner tak biasa.

Menikmati makanan tradisional yang lezat dengan suasana lingkungan nyaman dan tenang, tentu  merupakan pengalaman menarik. Apalagi jika sembari melahap makanan, mata dan telinga  disuguhi sajian live musik  gamelan yang selaras dengan suasana, lengkaplah kenikmatan Anda. Menu ‘lahir-batin’ seperti itulah yang disuguhkan Resto  nDalem Ngabean kepada setiap pengunjung. Resto yang beralamat di  Jl Ngadisuryan 6, Yogyakarta  berada di jantung kota – ini memang khas. Menu tradisional Jawa disajikan ala prasmanan, all you can eat. Tarifnya Rp 65.000/orang.

Nasi kuning

Meskipun semua menu berbau tradisional, cita rasanya tetap kelas restoran. Sama-sama tempe bacem misalnya, yang tersaji di sini beda rasanya dengan tempe di warung makanan lainnya. “Rasa manis –gurihnya terasa mantap”, kata Hari Sasongko (42 th) pengusaha mebel asal Magelang, salah satu pelanggan setia  resto ini.

Iringan  live music gamelan dimainkan dua orang penabuh gender dan satu orang pesindhen (penyanyi). Sajian musik ini mengalun sepanjang resto buka hingga menjelang tutup. “Bagi yang pengin menari dengan iringan gendhing Jawa, dipersilakan”, kata salah seorang waiter.

Resto di lingkungan kraton
Menempati  area seluas  setengah hektar, resto ini berujud rumah berarsitektur joglo megah milik Pangeran Hangabehi, putra Sultan HB VII. Meski terletak di tengah kota, resto ini memiliki suasana tenang, banyak pepohonan besar sehingga teduh dan nyaman.

Di pendopo utama, kapasitas seat-nya sekitar 200. Sedangkan Ruang Bimasena dan garden mampu menampung 2000 pengunjung untuk standing party.

Daya tarik lainnya,  aura sosialnya  ‘berbau’ kraton. Cocok untuk makan siang selepas berwisata keliling kraton. Kecuali itu juga bisa melihat-lihat barang-barang peninggalan masa lalu yang ada di resto. “Resto ini juga kerap digunakan untuk pesta  pernikahan, rombongan wisatawan maupun lembaga pemerintah. Jika dibutuhkan pada acara seperti itu kami juga menyediakan sajian pertunjukan tari”, jelas Yogi Hantara, manajer resto.

Satai

Uniknya,  resto yang diresmikan tahun 1995 ini hanya buka antara pukul 11.00 hingga 15.30, untuk  melayani lunch (makan siang). Di luar itu, bila  ingin makan malam maupun sarapan, tetap dilayani asalkan pesan dahulu. Bahkan di  area resto juga tersedia penginapan bagi wisatawan yang ingin menikmati kota Yogya lebih lama.  

Lantaran pengunjungnya kebanyakan para wisatawan,  di masa liburan selalu ramai. “Kami juga menyediakan paket Jogja Heritage untuk rombongan. Yakni paket layanan penjemputan, keliling tempat wisata, makan siang disini dilengkapi sajian tarian”, lanjut Yogi yang sehari-harinya  dibantu oleh 12 orang karyawan ini. Mengunjungi  Yogya rasanya kurang afdol, kalau belum mencoba mencicipi makanan  resto ini. Silakan coba.

Menu Makanan
Jenis menu makanan di resto ini; sup jamur, kimlo, soto ayam, nasi kuning, nasi kebuli, nasi goreng. Lauknya ada rendang daging, ca brokoli, ca jamur, sayur  lodeh, sambel goreng krecek, gudeg, gurami asam manis, tempe bacem, bakmi goreng, dan lain sebagainya. Aneka camilan dan minuman; emping, jajan pasar, jenang, es dawet, dan masih banyak lagi.


Menu non makanan
Resto  menyediakan paket Jogja Heritage untuk rombongan. Yakni paket layanan penjemputan, keliling tempat wisata, makan siang disini dilengkapi sajian tarian.

Tersedia juga penginapan bagi mereka yang ingin bermalam. (Orangtua Idaman)

Info Resto
Resto  nDalem Ngabean
Menu  makanan khas  tradisional Jawa
Prasmanan  (all you can eat ) – Rp 65.000/orang  
Jam buka pk.  11.00  – pk. 15.30.  Hanya melayani lunch (makan siang).
Alamat:
Jl Ngadisuryan 6, Yogyakarta

 

error: Content is protected !!