WARUNG TAHU: MENU SEHAT SERBA TAHU 

ORANGTUA IDAMAN – Rasanya para penggemar tahu wajib mencoba petualangan kuliner di resto ini.  Keunikannya, semua menu makanan berbahan dasar serba tahu.

Ada bakso tahu, kembang tahu, pancake dari tahu, zupa soup tahu, siomay tahu, roti tahu, hingga minumnya pun susu kedelai yang merupakan bahan dasar pembuatan tahu. Rasanya? Coba  saja sendiri.

Lima tahun lalu, Martini Yuliana, pemilik Warung Tahu yang berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta,  ingin memperkenalkan makanan sehat dengan harga terjangkau masyarakat. Ia sengaja memilih  menu berbahan dasar tahu dan kedelai karena tahu merupakan makanan sehari-hari masyarakat  yang kaya manfaat dan sarat gizi. Protein yang ada di dalam tahu setara dengan protein hewani.

Bistik Tahu Ayam

Apalagi variasi menu yang ia ciptakan mampu membuktikan bahwa tahu bisa naik kelas dengan sedikit kreatifitas. “Kami membuka usaha ini  Juli 2006,  pada saat  isu tahu berformalin sedang marak.  Melihat  itu,  saya memutuskan untuk memproduksi tahu dengan bahan alami tanpa pengawet,” kata Yuli.

Pertama kali buka, Yuli hanya memfokuskan pada tahu dan susu. Namun seiring permintaan dari konsumen yang kebanyakan adalah kaum ibu dan bapak, ia  mulai menambahkan menu-menu makanan dan minuman berbahan tahu dan kedelai. ”Menu-menunya  kita peroleh dengan memodifikasi resep-resep keluarga, ditambah resep yang kita kreasikan sendiri,” jelasnya.

Berdirinya Warung Tahu menunjukkan kepedulian Yuli untuk memberikan produk bermutu. Maklum  kebanyakan pelanggan yang datang ke sini adalah mereka yang peduli akan kesehatan. “Kedelai yang kita gunakan adalah kedelai Non GMO (Non Genetically Modified Organism) yang aman untuk kesehatan tubuh,” jelas Yuli.

Produksi Tahu
Selain  aneka menu masakan, Yuli juga menjual tahu putih siap olah dan susu kedelai yang diberi label Warung Tahu.  Berbeda dengan tahu di pasaran, tahu buatan Yuli teksturnya lebih lembut dan bercitarasa gurih karena  terbuat dari kacang kedelai pilihan bebas formalin. “Bahan baku kedelai kami datangkan dari seorang supplier langganan kami, dan proses pembuatannya dilakukan di resto ini “ kata Deasy, staff accounting di Warung Tahu.

Setiap pagi, banyak pelanggan datang untuk mendapatkan tahu segar yang baru dibuat ini. Karena sangat diminati, banyak dari mereka yang memesannya untuk digoreng sendiri di rumah. Untuk 10 buah tahu kami jual Rp 8.000,” lanjut Deasy.

“Setiap hari kami juga mengolah kedelai menjadi susu untuk didistribusikan ke supermarket, perkantoran, dan toko buah di Jakarta,” kata Vanny, kepala bagian distribusi susu. Sekali produksi, mereka bisa menghasilkan 300 botol susu kedelai ukuran 500 ml, dengan harga jual Rp 9.000/botol. Itu belum termasuk susu kedelai yang dijual di resto sendiri. Ini cara  cerdas  menambah pendapatan sekaligus memperkenalkan produk Warung Tahu ke pasaran. Namun sayang, Yuli enggan untuk menyebutkan berapa omset pasti dan keuntungan dari usaha yang dijalaninya ini. “Maaf saya tidak bisa menyebutkan berapa omset dan keuntungan kami. Yang pasti respon pelanggan cukup bagus,” tegasnya.

Menu-Menu Unik
Resto bernuansa merah putih ini, menjual tidak kurang dari 30 variasi menu. Namun, ada beberapa menu yang menjadi favorit pelanggan diantaranya Bistik Tahu Ayam, Bakso Tahu, dan Susu Kedelai dingin. “Menu Baso Tahu adalah yang paling favorit. Sehari bisa laku sekitar 30 mangkok,” jelas Deasy.

Jika Anda tidak ingin makanan berat, Anda bisa memesan caminlan Tahu Berontak.  “Agar tetap fresh, tahu ini baru diracik ketika ada pesanan,” lanjut Deasy. Usai digoreng, tahu disajikan dalam keadaan panas mengepul bersama cabai rawit dan saus sambal sebagai pelengkap. Mengapa disebut Tahu Berontak? “Kalau di Jawa Timur, tahu isi seperti ini biasanya disebut tahu berontak, makanya kita kasih nama itu,” kata Deasy menjelaskan.

 Karena tema menu di resto ini adalah tahu dan kedelai, jadi minumnya pun  susu kedelai. Tapi tak perlu takut dengan rasa langu yang identik dengan susu kedelai. Selain menyediakan susu kedelai rasa original, di sini juga susu kedelai rasa cokelat dan strawberry.

Sebagai pencuci mulut, Warung Tahu menghadirkan beberapa pilihan seperti Puding Cheesecake Tahu, yang rasanya sangat creamy dan lembut di lidah, atau Soy Smothies yang merupakan campuran susu kedelai dengan buah-buah segar. Ada rasa vanilla, coklelat, dan strawberry. Jika ingin yang hangat, Anda dapat mencicipi Ronde Tahu.

Kini Warung Tahu sudah membuka cabang di Kawasan Alam Sutera, Tangerang. “Saya berharap kehadiran Warung Tahu bisa disambut baik oleh masyarakat di sana, dan kami akan  terus menciptakan menu-menu unik yang sehat dan lezat,” kata Yuli menutup perbincangan.

Aneka Menu Unik
*). Bistik Tahu Ayam

 Berupa campuran tahu dan daging ayam/sapi yang disajikan dengan potongan telur rebus, wortel, buncis, selada, dan kentang goreng. Tampilannya begitu cantik dan menggiurkan. Saat tersaji di atas meja, kepulan asap dari bistik tahu ayam ini mengeluarkan aroma lezat. Saat  dicicipi tekstur bistik ini sangat empuk dan saos kaldu sapinya begitu kental dan gurih.

*). Baso Tahu
Meskipun sederhana,  rasanya tak kalah dengan bistik di atas. Perpaduan antara kedelai dengan daging ayam, ikan, dan udang dalam Baso Tahu begitu gurih di lidah. Apalagi ketika menyeruput kuah kaldu yang segar.

*). Tahu Berontak
Ini merupakan menu camilan baru di WarungTahu. Tahu Berontak adalah tahu putih yang diisi dengan sayuran dan udang, lalu dibalut tepung bumbu yang renyah.

*). Ronde Tahu
 Ronde di sini tidak terbuat dari tepung ketan melainkan dari tahu yang diisi dengan kacang dan gula. Disajikan bersama kuah jahe. 

Info Resto
Warung Tahu

Ruko Pasar Mandiri Blok M4C No 9
Kelapa Gading Permai
Jakarta Utara
Tlp : (021) 4532341/ 450 2266
Buka pukul : 07.00 WIB – 22.00 WIB

error: Content is protected !!