TITIHAN KELEDAI: CARA BELAJAR MENGHAFAL DENGAN GAMPANG DAN SENANG

ORANGTUA IDAMAN – Bagaimana pun juga, kemampuan menghafal tetap dibutuhkan. Materi pe,belajaran hafalan dan penalaran itu sama seperti gizi. Wajib dinerikan secara seimbang. Tidak boleh kurang pun tak boleh kurang.

Untuk mempermudah proses belajar menghafal, Anda bisa membantu anak mengenal jembatan keledai atau menomonic. Cara menghafal ini dilakukan dengan jalan membuat singkatan-singkatan unik dan mudah diingat. Selain lebih membuat anak lebih gampang menghafal, metode ini juga menyenangkan, lho.

Jembatan keledai memanfaatkan akronim, singkatan, kata kunci, dan rima untuk menghafal sesuatu. Dalam perkembangnnya, jembatan keledai juga memanfaatkan gambar dan obyek lain, yangbkemudian dikenal sebagai mnemonic visual.

Jembatan keledai singkatan
Salah satu contoh aplikasi jembata nkeledai singkatan yaitu diterapkan untuk menghafal susunan warna. Meliputi merah, jinggga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Jembatan keledainya yaitu MeJiKuHiBiNiU. Contoh lain penerapan jembatan keledai singkatan yaitu sebagai cara menghafal berbagai macam angin dan waktu bertiupnya. SiMbah MaGung yaitu Siang Lembah, dan Malam Gunung. Siang bertiup angin lembah, sedangkan saat malam bertiup angin gunung. Jenis angin lainnya yaitu DarMa SiLa yaitu Darat Malam, Siang Laut. Maksudnya, Angin Darat bertiup pada malam hari, sedangkan Angin Laut bertiup waktu siang hari.

Jembatan keledai visual
Anak menjadi lebih mudah menghafal jika dikenalkan dalam bentuk gambar atau visual. Salah satu contohnya yaitu mengenal jumlah hari dalam stiap bulan dengan menggunakan punggung tangan yang mengepal. Bagian yang punggung tangan menonjol mewakili bulan dengan jumlah hari 31 hari, sedangkan bagian punggung tangan yang cekung adalah bulan dengan jumlah hari 30. Contoh mnemonic visual yang lainnya yaitu jari mengenal arah gerak medan magnet menggunakan menari tangan.

Jembatan keledai rima
Sajak berirama juga bisa digunakan sebagai jembatan keledai. Dengan rima yangnpas, kata-kata menjadi mudah dihafal oleh anak. Salah satu contohnya yaitu mengenal tangga nada DoReMiFaSoLaSiDo. Kita juga bisa mengenalkan sesuatu kepada anak melalui sebuah lagu. Misalnya pengenalan ayam melalui lagu Kuku..kuku… ruyuk, Begitulah bunyinya, Kakinya bertanduk, Hewan apa namanya?

Nah, Bunda bisa memilih jenis jembatan keledai yang sesuai dengan anak. Anak memiliki tipe kecerdasan yang berbeda-beda. Seorang anak berkecerdasan visual, lebih cocok jika cara menghafal dan belajarnya disampaikan melalui cara visual. Sedangkan seorang anak berkecerdasan musikal lebih pas jika cara pembelajaran disampaikan secara musikal juga (orangtuaidaman.com).

One thought on “TITIHAN KELEDAI: CARA BELAJAR MENGHAFAL DENGAN GAMPANG DAN SENANG

Comments are closed.

error: Content is protected !!