BELAJAR KONVERSI SATUAN SUHU CELCIUS, FAHRENHEIT, REAMUR, DAN KELVIN

ORANGTUA IDAMAN – Suhu menunjukkan derajat panas benda. Semakin tinggi suhu suatu benda, kian panas benda tersebut.

Suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Atom dalam suatu benda bergerak. Berpindah maupun gerakan di tempat getaran. Makin tingginya energi atom penyusun benda, kian tinggi suhu benda tersebut.

Suhu juga disebut temperatur yang diukur dengan alat termometer. Empat macam termometer yang paling dikenal adalah Celsius, Reaumur, Fahrenheit dan Kelvin. Perbandingan antara satu jenis termometer dengan termometer lainnya mengikuti.

Suhu dapat diukur menggunakan termometer yang berisi air raksa atau alkohol. Nama termometer berasal dari dua kata yaitu thermo yang artinya panas dan meter berarti mengukur.

Satuan derajat temperatur suhu diberi lambang derajat, yaitu pangkat nol setelah angka suhu, diikuti jenis standarnya. Misalnya C = celcius, R = reamur dan F = fahrenheit. Khusus Kelvin tidak membutuhkan pangkat nol setelah angka satuan suhu.

Terdapat banyak standar satuan hitungan skala suhu, namun yang akan kita bahas lebih lanjut rumusnya hanya yang paling banyak dipakai saja yaitu :

1. Celcius atau Selsius
2. Fahrenheit atau Farenheit
3. Reamur atau Rheamur
4. Kelvin (standar SI satuan internasional)

Rumus Konversi Satuan Suhu
A. Rumus merubah celcius ke kelvin
Kelvin = Celcius + 273,15

B. Rumus merubah celcius ke rheamur
Rheamur = Celcius x 0,8

C. Rumus merubah reamur ke celcius
Celcius = Rheamur x 1,25

D. Rumus merubah celcius ke fahrenheit
Fahrenheit = (Celcius x 1,8) + 32

E. Rumus merubah fahrenheit ke celcius
Celcius = (Fahrenheit – 32) / 1,8

F. Rumus merubah rheamur ke farenheit
Farenheit = (Rheamur x 2,25) + 32

Perbandingan suhu antara celcius, reamur dan fahrenheit adalah 5 : 4 : 9. Khusus untuk farenheit perlu ditambah 32 untuk perubahnnya. Perubahan lain bisa melakukan penyesuaian rumus di atas.

error: Content is protected !!