MEMAHAMI DAN MENSYUKURI TALENTA KEHIDUPAN

ORANGTUA IDAMAN – Setiap pribadi manusia memiliki kemampuan dan keterbatasan yang berbeda-beda. Tuhan menganugerahkan kelebihan, keterampilan, dan kepandaian secara cuma-cuma. Selain itu, masing-masing pribadi juga memiiki keterbatasan dan kekurangan.

Karena itu, demi kemurahan Tuhan hendaknya kita mempersembahkan hidup sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Tuhan, itu adalah ibadah yang sejati.

Hendaknya kita tidak menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubah oleh pembaruan budi, sehingga dapat membedakan manakah kehendak Tuhan: apa yang baik, yang berkenan kepada-Nya dan yang sempurna.

Berdasarkan kasih kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita, maka marilah menyatakan  kepada setiap orang: Seyogyanya kita tidak memikirkan hal-hal yang lebih tinggi daripada yang patut kita pikirkan, tetapi hendaklah kita berpikir begitu rupa, sehingga kita menguasai diri sesuai dengan kapasitas pribadi, yang dikaruniakan Tuhan kepada kita masing-masing.

Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama. Demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Allah Semesta, tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.

BACA JUGA: ORGANIS vs EGOIS

Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya. Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani, jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar. Jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati.

Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas, siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin; siapa yang menunjukkan kemurahan, hendaklah ia melakukan dengan sukacita.

Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik.

Hendaklah kita saling mangasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat (orangtuaidaman.com)

error: Content is protected !!