HERBIVORA, KARNIVORA, DAN OMNIVORA: APA PERBEDAANNYA?

ORANGTUA IDAMAN – Di sekitar kita hidup berbagai macam jenis hewan. Ada kambing, kerbau, lembu, anjing, kucing, itik, belalang, dan sebagainya. Walaupun bermacam-macam jenis, mereka memiliki satu kesamaan. Yaitu, membutuhkan makanan untuk mempertahankan hidup dan bertumbuh.

Perbedaannya adalah jenis makanan yang mereka butuhkan. Ada hewan yang memakan tumbuhan atau herbivora. Ada hewan yang memakan daging yang disebut karnivora, dan ada juga yang senang memakan daging dan tumbuhan disebut omnivora.

Hewan Pemakan Tumbuhan (Herbivora)
Jenis hewan pemakan tumbuhan misalnya: lembu, kerbau, kambing, kuda, biri-biri, kijang, dan banteng. Mereka memakan rumput di lapangan yang ditumbuhi rumput, atau dedaunan di kandang. Hewan-hewan itu disebut juga sebagai hewan mamalia atau hewan menyusui. Selain itu, mereka memiliki kebiasaan memakan makanannnya dua kali, maka disebut sebagai hewan memamah biak.

Sapi adalah salah satu contoh hewan herbivora.

Gigi hewan memamah biak adalah gigi seri dan gigi geraham. Cara-cara mereka makan adalah sebagai berikut: rumput dibelit dengan lidahnya, lalu direnggut dengan gigi serinya yang tajam, kemudian ditelan. Setelah kenyag, mereka beristirahat di tempat teduh. Di tempat itu, rumput yang sudah ditelan tadi dimuntahkan lagi ke dalam mulutnya, lalu dikunyah-kunyah hingga lembu, dan ditelan lagi.

Tengkorak sapi

Selain hewan tersebut, ada lagi hewan pemakan tumbuhan. Di antaranya yaitu babi hutan, gajah. Zarafah, dan lainnsebagainya. Mereka adalah hewan liar yang mencari makan di hutan.

Hewan Pemakan Daging (Karnivora)
Pernahkah kakian melihat binatang singa di kebun bunatanh? Bagaimanakah bentuk badan mereka? Besar dan menakutkan! Hewan ini berasal dari Benua Afrika. Hidupnya berkelompok. Satu kelompok terdiri atas 5 atau 6 ekor. Dalam setiap kelompok terdapat seekor singa jantan.

Singa adalah binatang buas. Makanannya adslah rusa, zebra, biri-biri dan lain sebagainya.

CIRI-CIRI BINATANG BUAS
1. Pemakan daging
2. Mempunyai gigi taring yang besar dan kuat, yang berfungsi untuk menangkap dan mencabik-cabik mangsa.
3. Punya gigu seri yang tajam.
4. Punya gigi geraham tajam untuk mengunyah mangsa.

Hewan pemakan daginh yang lain adalah “puma”. Bentuk badannya mirip harimau. Hanya saja Puma lebih besar daripada harimau. Suka memakan mangsa yang sama seperti singa. Puma banyak terdapat di Benua Afrika.

Di Indonesia, binatang sejenis yang suka makan daging yaitu harimau. Hewan ini dahulu banyak terdapat di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Di antaranya yaitu harimau loreng, harimau tutul, dan harimau kumbang.

Hewan-hewan itu saat ini jumlahnya tinggal sedikit atau hampir punah. Pemerintah melarang perburuan terhadap binatang tersebut. Tempat untuk melindungi binatang disebut sebagai suaka margasatwa.

Selain itu, ada juga mamalia yang hidup di air yang memakan daging. Contohnya yaitu ikan paus, ikan piranha, ikan betta atau cupang, ikan hiu, anjing laut, dan lain sebagainya.

Hewan Pemakan Daging dan Tumbuhan (Omnivora)

Selain karnivora dan herbivora, ada pula hewan pemakan daging dan tumbuhan atau omnivora. Ada banyak jenis unggas omnivora yang bisa dijumpai di dekat kita setiap hari. Contohnya yaitu: burung kutilang, burung prenjak, ayam, dan lain sebagainya.

Sumber: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Seri Kit IPA, 5A, 1994

error: Content is protected !!