YUK MENGENAL JENIS IKAN MOUTHBROODERS

ORANGTUA IDAMAN – Apakah kamu suka ikan cupang? Ikan cantik yang suka berantem ini termasuk ikan mouthbrooders.

Lantas apa to jenis ikan mouthbrooders itu? Jenis ikan yang termasuk kedalam jenis ini adalah ikan yang mengerami telurnya di dalam mulut. Setelah menetas, anak-anak ikan akan keluar dari muLut induk.

Ikan mouthbrooders dibedakan menjadi dua. Yaitu:

Paternal Mouthbrooders

Ikan yang termasuk ke dalam jenis ini yaitu ikan yang induk jantannya akan mengerami telur-telur di dalam mulut. Yang termasuk jenis ikan Paternal mouthbrooders yaitu arowana, Betta pugnax, dan lele laut Ariopsis felis. Beberapa jenis ikan cichlid termasuk jenis paternal mouthbrooder. Beberapa ikan tilapia, terutama ikan nila Sarotherodon melanotheron dagu hitam.

Maternal Mouthbrooders

Berbeda dengan paternal mouthbrooders, maternal mouthbrooders induk betina mengerami telur. Beberapa jenis ikan cichlid Afrika dan Amerika Selatan termasuk dalam maternal mouth brooders. Contonya Afrika adalah haplochromines, seperti mbuna, Astatotilapia burtoni, dan Pseudocrenilabrus multicolor, dan beberapa tilapiine, seperti Oreochromis mossambicus dan Oreochromis niloticus.

Ikan Maternal mouthbreeding di Amerika Selatan adalah semua anggota subfamili Geophaginae (umumnya dikenal sebagai “eartheaters”.

Contohnya Gymnogeophagus balzanii dan Geophagus steindachneri.

Bipaternal Mouth Breeding Biparental mouth breeding terjadi ketika induk jantan dan induk betina mengerami telur. Jenis ini relatif jarang, tetapi ditemukan diantara cichlid genus Xenotilapia, lele spatula-barbled (Phyllonemus typus).

BEGINI LHO PROSES BERTELURNYA!
1. Biasanya, setelah pacaran, jantan membuahi telur dan kemudian mengumpulkannya di mulutnya, lantas mengerami sampai menetas.
2. Selama mengerami telur, induk ikan berpuasa. Oleh karena itu, induk ikan yang sedang mengerami telur tubuhnya terlihat kurus. Sedangkan mulutnya terlihat menggembung besar.
3. Telur dierami sampai menetas dan burayak berenang bebas. Beberapa jenis ikan akan memberikan perlindungan kepada ikan hingga berusia remaja.
4. Induk akan memberikan isyarat perilaku untuk memberi tahu anak-anaknya saat ada makanan. Saat bahaya mendekat, induk juga memberikan isyarat mereka harus kembali ke mulut induknya.

Dengan cara ini, ikan yang merawat anak-anaknya di dalammulut dapat menghasilkan keturunan dalam jumlah yang lebih banyak daripada spesies yang tidak mengeramitelur-telurnya.

YANG TERMASUK IKAN MOUTHBROODERS: Apogonidae (cardinalfish), Ariidae , Bagridae (Bagrid catfish, Cichlidae (cichlid), Channidae (snakehead), Liparidae (ikan siput): Opistognathidae (jawfishes), Osphronemidae (gurami): Beberapa genera (terutama Betta, sejauh ini genus terbesar), Osteoglossidae (arowanas).

error: Content is protected !!