HAMIL ATAU TIDAK? INI LHO TANDANYA…

ORANGTUA IDAMAN – Kehamilan tidak selalu ditandai dengan keterlambatan haid serta membesarnya ukuran perut. Ada banyak pertanda yang muncul saat hamil. Apa saja tanda-tanda itu?

Cara paling jitu untuk memastikan kehamilan bisa dilakukan melalui pemeriksaan dokter. Namun beberapa tips berikut bisa dilakukan untuk memastikan kehamilan.

1. Munculnya Bercak Merah Jambu
Pada umumnya, isyarat kehamilan ini terjadi sekitar hati ke 8 – 10 setelah ovulasi (keluarnya sel telur dari indung telur). Disebabkan karena benih tertanam di lapisa rahim (uterus). Berbeda dengan haid, bercak merah jambu hanya sedikit. Terjadi lebih awal daripada jadwal haid.

2. Perubahan Payudara
Sekitar 3 minggu seteah terjadi pembuahan (haid terlambat sekitar 1 minggu), puting menjadi lebih lembut. Terkadang diikuti payudara yang terasa membengkak. Mirip seperti saat menjelang haid.

Membesarnya payudara tersebut dipicu oleh kelenjar air suau yang bertambah ukurannya pula akibat menyimpan lemak sebagai persiapan menyusui. Sementara itu, puting payudara dan area sekitarnya akan berwarna lebih gelap.

3. Kram Perut
Gejala ini berangsu-angsur hilang sampai posisi uterus mapan dan disangga tulang panggul secara baik, yaitu pada trisemester ke 2.

4. Sering Buang Air Kecil
Gejala ini muncul ketika Bunda sudah mengalami keterlambatan haid 1 – 2 minggu. Terjadi karena peningkatan sirkulasi darah. Selain itu disebabkan pula akibat tekanan saluran kemih akibat membesarnya uterus.

Disarankan agar tidak membatasi asupan cairan. Meskipun konsekwensinya menjadi sering ke belakang. Cukup air membuat Bunda tak mengalami dehidrasi (kekurangan cairan tubuh).

5. Sembelit
Hormon yang diproduksi saat hamil menyebabkan usus menjadi lebik rilek dan kurang efisien. Sehingga dorongan mengeluarkan kotoran menjadi lambat.

6. Ngidam Plus Suka Ngemil
Keinginan ngemil kerap dialami saat hamil. Hal ini didorong oleh kebutuhan tubuh terhadap asupan makanan yang semakin bertambah.

7. Mual Berbonus Muntah
Gejala ini sering juga disebut sebagai morning sickness. Padahal, gejala ini tidak selamanya terjadi pada pagi hari. Bisa muncul kapan saja.

Aneka bebauan bisa memicu Bumil merasa mual dan muntah. Misalnya aroma parfum dan bau masakan tertentu. Kondisi ini disebabkan karena perubahan hormon di dalam tubuh.

Bisanya berlangsung selama 3 bulan pertama kehamilan, kemudian berangsur hilang ketika masuk bulan ke 4.

8. Suhu Tubuh Bertambah
Terjadi seminggu setelah pembuahan. Yaitu ketika hasil pembuahan bersemayam di rahim.

Nah, semoga bermanfaat. Jangan lupa rutin memeriksakan kehamilan ke dokter ya Bun. (orangtuaidaman.com)

error: Content is protected !!