MUAL BERBONUS MUNTAH SAAT HAMIL? INI TIPS AMAN MENGATASINYA

ORANGTUA IDAMAN – Sebagian besar Bumil mengalami rasa mual dan muntah pada saat awal kehamilan. Hal ini wajar, Bun. Jadi tak perlu khawatir. Yuk kita simak tips mengatasi muntah dan mual.

Disarankan agar mengkonsumsi makan dalam jumlah sedikit namun sering. Porsi makan yang besar dapat membuat Bunda merasa kian mual. Berusaha lah makan sewaktu merasa dapat makan, ingat ya, porsinya sedit tapi sering.

Mengonsumsi menu kaya karbohidrat dan protein. Misalnya, roti, kentang, dan biskuit. Selain itu juga jangan lupa banyak mengonsumsi buah dan sayuran .

Disarankan agar menghidari makanan berlemak, berminyak dan pedas yang dapat memperparah rasa mual.

Saat bangun pagi, sebaiknya tidak terburu-buru beranjak dari tempat tidur. Biasakan duduk sejenak, selanjutnya barulah bangun.

Siapkanlah camilan atau biskuit di dekat tempat tidur. Kudap makanan kecil itu sebelum berdiri meninggalkan tempat tidur.

Minum cukup itu wajib. Supaya tidak mengalami kekurangan air (dehidrasi) akibat muntah. Minum lah air putih atau jus. Minuman berkafein dan berkarbonat tidak disarankan.

Vitamin B6 efektif meredam rasa mual yang kerap menghampiri Bumil. Namun jangan lupa, berkonsultasi lebih dulu kepada dokter sebelum meminumnya.

Vitamin kehamilan kadang memperburuk rasa mual. Namun, kandungan folat di dalamnya diperlukan Bumil. Jika mual dan muntah terjadi hebat, segera berkonsultasi dengan dokter.

Minuman jahe dapat membungkam rasa mual. Penelitian di Australia mengungkapkan bahwa jahe dapat digunakan sebagai peredam rasa mual yang aman bagi ibu dan bayi. Tak ada salahnya selalu membawa permen jahe, Bun.

Perasaan tertekan dan stres dapat memicu rasa mual dan muntah. Oleh karena itu, jalani proses kehamilan dengan perasaan santai. Lakukan kegiatan yang bisa membuat Bunda merasa santai.

Jika rasa mual dan muntah terjadi hebat, segeralah pergi ke dokter. Hal ini bertujuan agar Bunda tidak mengalami dehidrasi.

Mual dan muntah pasti berlalu, Bun. Sungguh pengalaman yang indah sekaligus bentuk kasih sayang pertama kepada buah hati. (orangtuaidaman.com)

error: Content is protected !!