EksteriorRUMAH IDAMAN

TIPS MENENTUKAN POSISI GAZEBO

DARI LUAR, GAZEBO TURUT MELENGKAPI UNSUR TAMAN. SEDANG DARI DALAM, GAZEBO MENJADI TEMPAT MENIKMATI SUDUT-SUDUT INDAH TAMAN.

Kalau begitu, hendaklah gazebo menjadi salah satu point of interest dalam sebuah taman. Hendaklah pula gazebo dibangun di titik taman yang memungkinkan orang di dalamnya  dapat menikmati setiap point of interest yang terdapat dalam bernagai sudut di taman.

Ukuran gazebo sebaiknya poroprsional dengan ukuran rumah dan luas halaman. Yang wajib diketahui, rumah harus menjadi point of interest utama. Sehingga ukuran gazebo tidak boleh mengaburkan rumah.

Ukuran gazebo yang terlalu besar juga dapat mengaburkan berbagai point of interest lain di setiap sudut taman.

Gazebo yang ideal itu berukuran 1/5 dari total luas halaman. Sementara itu, standar ukuran minimal gazebo yaitu 2m x 2m. Ukuran minimal tersebut dibuat atas dasar faktor kenyamanan.

Jadi ketika gazebo dibuat lebih kecil dari standar ukuran minimal, dijamin Anda menjadi tak nyaman saat singgah di dalamnya. Selain itu, Anda juga akan kesulitan ketita menaruh bantal, meja kecil, dan aksesoris lain di dalam gazebo tersebut.

Jika Anda ingin meletakkan gazebo tersebut di bawah pohon, pastikan atap gazebo aman dari kemungkinan ranting, buah, dan daun yang berpotensi memicu kerusakan.

Agar akses menuju gazebo mudah, buatlah jalan setapak selebar 40 cm – 90 cm.

Saat malam hari, gazebo dapat menjadi obyek atau point of interest yang menawan di taman. Sosok gazebo terlihat kian menonjol bila Anda membubuhkan unsur cahaya (lighting).

Lampu gazebo itu sebaiknya dapat dinyalakan dan dimatikan dari dalam rumah.

Sementara itu, sebagai sarana penerang di dalam gazebo, Anda dapat memilih lampu gantung atau lampu tempel. Disesuaikan dengan model gazebo.

Untuk mengarahkan langkah menuju gazebo saat malam, lampu dapat dipasang di sepanjang jalan setapak ke arah gazebo.

Hmmm… gazebo menjadi salah satu kerinduan untuk segera pulang (orangtuaidaman.com)


error: Content is protected !!