EksteriorInteriorRUMAH IDAMAN

TIPS CERDAS MEMILIH CAT RUMAH

ADA BANYAK JENIS CAT YANG DIJAJAKAN DI TOKO. PILIH YANG BERKUALITAS DAN RAMAH LINGKUNGAN.

Disarankan memilih jenis cat ramah lingkungan. Biasanya ditandai dengan label few lead and mercury, low volatile organic compound, atau green  label. Selain ramah lingkungan, cat ini juga lebih aman untuk kesshatan  penghuni rumah.

Cat yang baik tidak menimbulkan bau sebelum dan sesudah pengecatan. Cat minimal aroma ini umumnya menggunakan bahan pelarut yang tidak membahayakan bagi kesehatan.

Faktor lain yang harus diperhatikan yaitu, untuk daerah yang sering dilanda banjir, pilih cat yang dibubuni dengan lapisan antijamur. Cat penangkis jamur ini daplikasikan untuk interior maupun eksterior.

Cat tahan noda menjadi pilihan tepat. Sehingga tak perlu sering melakukan pengecatan ulang. Ketika terjadi penodaan dinding akibat coretan atau lumpur, cukup dibersihkan dengan air atau lap lembap.

Cat tahan noda seperti ini biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal bila dibandingkan cat biasa.

Selain tak mudah ternoda, cat ini membentuk lapisan seperti karet. Saat dipegang, tak mudah luntur.

Untuk perlindungan eksterior, disarankan agar memilih cat berkemampuan double UV protection. Dengan demikian cat tak mudah pudar terkena sengatan terik matahari dan diselimuti cuaca ekstrem.

Warna yang dipilih sebaiknya disesuaikan tema warna ruangan.

Agar rumah mampu menimbulkan kenyamanan dan hidup bergairah, pilihlah warna cat yang menjadi Favorit Anda.

Namun, pertimbangkan pula faktor lain. Sehingga saat memilih warna cat, Anda tak asal suka. Warna sebaiknya disesuaikan kebutuhan dan fungsi peruntukan masing-masing ruangan.

Jangan lupa cencermati jenis dan sifat material yang akan dilapisi cat.

Bagi pemilik rumah berkarakter aktif, warna lembut cocok dipilih. Misalnya gradasi warna hijau dan biru.

Sementara itu, jika Anda berkarakter kurang aktif, warna-warna hanhat cocok sebagai pilihan. Misalnya gradasi kuning, jingga, merah, peach (kuning blewah), dan pastel atau rumpun warna pucat. Car berkelir seperti ini mampu menstimulasi semangat bersktivitas.

Warna kuning muda yang lembut cocok dipilih jika ada salah satu anggota keluarga yang sakit.

Disarankan agarvtidak memilih warna masif agau gelap. Misalnya, hitam, biru tua, dan hijau tua. Warna inu membuat ruang terkesan penuh tekanan. Sehingga dapat memicu depresi penghuni rumah.


error: Content is protected !!