ANIS SARIAWAN: BURUNG LELAH, SARIAWAN MENYERANG

ORANGTUA IDAMAN – Waspadai burung yang tak mau ngoceh dan nafsu makannya menurun.  Sebab siapa tahu burung anis Anda tersebut sedang menderita  sariawan.

Penyakit seperti ini sering disandang burung merpati, cucak hijau dan Anis.  Umumnya sariawan menyerang burung yang sedang stress.  Kondisi semacam itu sering dialami oleh burung yang terlalu banyak mengikuti lomba, burung baru, dan situasi sekitar kandang yang tidak mendukung.  Selain itu, perubahan cuaca yang mendadak dan buruknya kualitas pakan juga bisa turut memicu sariawan. 

Menurut Suryanta Atmadja penggemar burung ocehan di bilangan Kelapa Gading Jakarta,  sariawan yang parah bisa menyebabkan mulut burung jadi bengkak.  Jika hal itu dibiarkan, stamina burung  jadi semakin melorot.  Bahkan bila terus berlanjut kematian pun akan segera menjemput. 

Pemicu Sariawan
Burung yang sedang stres menjadi mudah terkena sariawan.  Umumnya stres sering dialami oleh burung baru dan burung yang aktif  mengikuti kegiatan kontes maupun latihan.  Stres bisa diminimalkan dengan jalan menyuguhkan pakan berkualitas.  Selain bisa mengakibatkan stres, kualitas pakan yang buruk juga bisa menimbulkan gangguan saluran pencernaan.  Jika hal ini diabaikan maka, burung bisa menderita panas dalam dan ujung-ujungnya bisa terkena sariawan.  “Pakan segar harus selalu diberikan.  Terutama saat sebelum dan seusai kontes,” jelas pria yang akrab dipanggil Yayang tersebut.

Anemia atau kekurangan darah termasuk salah satu biang sariawan.  Burung yang kelelahan dan stress mudah menderita anemia.  Penyakit ini bisa diatasi dengan pemberian pakan yang banyak mengandung zat besi (Fe).  Bahan baku pembentuk darah tersebut banyak terkandung dalam beras merah dan kacang-kacangan. 

Pemberian pakan yang tidak benar juga bisa menjadikan burung menderita sariawan.  Meloloh burung kesayangan adalah salah satu metode pemberian pakan yang sering dijumapai.  Metode loloh yang salah bisa menyebabkan anis jadi sariawan. Semisal, ukuran pakan yang dilolohkan terlalu besar.  Luka di mulut tadi mudah terinfeksi oleh bakteri.  Jika sudah demikian, burung pun akan segera menderita sariawan. 

Menu pakan selingan berupa jangkrik juga harus diberikan dengan cara tepat.  Duri yang ada di kaki jangkrik bisa melukai mulut anis.  Oleh karena itu sebelum diberikan kaki jangkrik harus dihilangkan.  Lebih baik lagi jika kepalanya juga dihilangkan.

Sariawan yang dialami burung anis bukan hanya dipicu kekurangan vitamin C saja.  Kekurangan vitamin B juga bisa menjadikan anis terserang sariawan.  Umumnya vitamin B banyak terkandung pada beras merah

Agar burungnya tidak menderita sariawan, Yayang mencampur minum burung dengan multivitamin anak.  Serbuk berkasiat tersebut diberikan sebanyak seperempat sendok makan dilarutkan dalam air minum burung (100 cc ).  Ramuan tersebut diberikan seminggu sekali. 

Selain pakan, kondisi sekitar kandang harus diperhatikan.  Kandang yang kotor dan ditaruh di tempat bising  bisa menyebabkan burung mudah menjadi stres.   Burung baru dan yang sering mengikuti kontes seharusnya ditaruh di tempat yang sejuk, bersih dan jauh dari keramaian.  Sebab anis seperti itu mudah mengalami stres

Cara Mengobati
Sama seperti manusia, penyakit sariawan yang dialami burung anis juga bisa dicegah dan diobati dengan larutan penyegar.  Untuk pencegahan, cairan anti-panas dalam tadi diberikan seminggu sekali.  Sementara itu burung yang sedang sakit harus diberi larutan penyegar setiap hari.  Pemberiannya dihentikan jika burung sudah sembuh.

Obat sariawan lain yang tak kalah ampuh yaitu multivitamin anak.   Barang ini bisa dibeli dari apotek.  Multivitamin diberikan setiap 2 hari sekali dengan cara dicampurkan ke dalam air minum.  Dosisnya cukup seperempat sendok teh saja.   Selain vitamin C dalam multivitamin juga terdapat vitamin lain yang berguna untuk meningkatkan nafsu makan burung.  Sehingga anis yang sedang sariawan dan mogok makan bisa cepat sembuh.

Burung yang sedang sakit sariawan harus mendapat pakan berprotein tinggi.  Semisal kroto, cacing dan jangkrik.  Menu tersebut diberikan tiga hari sekali secara bergantian.  Buah-buahan juga harus tetap diberikan.  Pisang bisa mempercepat proses penyembuhan sariawan.  Sebab buah tersebut banyak mengandung vitamin C dan kalori.  Pisang diberikan sehari sekali saat pagi hari.

Walau sedang sakit, anis harus tetap dimandikan dan dijemur.  Soalnya di alam anis termasuk burung yang suka bermain di air.  Penjemuran tidak boleh terlalu lama.  Cukup 15 menit sampai ½ jam saja.  Sariawan menjadi semakin parah jika burung dikerodong terus.  Sebab situasi hawa dalam kandan menjadi tidak bisa berganti.

Proses penyembuhan sariawan umumnya memakan waktu sekitar 1 bulan.  Setelah 2 hingga 3 bulan kemudian anis pun siap teler kembali di arena kontes.(Teguh)

INFO

Ada Hubungannya Dengan Serak
Penyakit sariawan pada burung anis ternyata ada hubungannya dengan penyakit serak.  Keduanya sama-sama diakibatkan oleh panas dalam dan stres.  Biasanya burung akan mengalami sariawan setelah menderita serak atau sebaliknya mengalami serak sehabis sariawan. Yang lebih parah jika kedua penyakit ini saling berkomplikasi.

SIMAK JUGA ANEKA SATWA INI

KADAL DURI MATA MERAH: BERPURA-PURA MATI JIKA TERANCAM

KADAL DURI MATA MERAH: BERPURA-PURA MATI JIKA TERANCAM

Teguh Jiwa BrataAug 5, 20222 min read

ORANGTUA IDAMAN – Sosoknya sangar seperti mahluk purba.…

KADAL RUMPUT: DISUKA ORANG KOTA DAN DESA

KADAL RUMPUT: DISUKA ORANG KOTA DAN DESA

Teguh Jiwa BrataAug 5, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Takydromus sexlineatus itulah nama ilmiahnya.…

ULAR PICUNG: BERBISA MEMATIKAN, JARANG MENGGIGIT

ULAR PICUNG: BERBISA MEMATIKAN, JARANG MENGGIGIT

Teguh Jiwa BrataAug 5, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Sosoknya terlihat cantik, berkalung kulit…

ELANG JAWA DAN GARUDA PANCASILA

ELANG JAWA DAN GARUDA PANCASILA

Teguh Jiwa BrataAug 5, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Sejak dulu, garuda adalah satwa…

KATAK POHON MUTIARA: AMPHIBI CANTIK YANG LANGKA

KATAK POHON MUTIARA: AMPHIBI CANTIK YANG LANGKA

Teguh Jiwa BrataAug 5, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Langka, cantik, dan hanya ditemui…

Load More

SIMAK ANEKA FLORA INI

AGLAONEMA MUTASI: PERUBAHAN YANG MEMBAWA BERKAH

AGLAONEMA MUTASI: PERUBAHAN YANG MEMBAWA BERKAH

Teguh Jiwa BrataJul 30, 20225 min read

ORANGTUA IDAMAN- Waspadai kelainan yang terjadi pada aglaonema koleksi Anda. Siapa tahu aglo langka ini ada dirumah Anda. Flora tersebut…

MEMBUAT BONSAI GRUPING: HUTAN MINI TAMPIL UNIK

MEMBUAT BONSAI GRUPING: HUTAN MINI TAMPIL UNIK

Teguh Jiwa BrataJul 30, 2022

Hutan Mini Tampil Unik ORANGTUA IDAMAN – Anda ingin menikmat keindahan miniatur hutan di teras rumah? Gaya bonsai grouping bisa…

MENCEGAH BONSAI KEROPOS: TANGKAL RAYAP TOLAK JAMUR

MENCEGAH BONSAI KEROPOS: TANGKAL RAYAP TOLAK JAMUR

Teguh Jiwa BrataJul 20, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Batang lapuk dan bolong-bolong membuat bonsai terkesan tua, unik, dan berkarakter.  Namun, bila tidak dirawat secara benar,…

INGIN TANAMAN PACHYPODIUM BEBAS PENYAKIT? BEGINI CARANYA

INGIN TANAMAN PACHYPODIUM BEBAS PENYAKIT? BEGINI CARANYA

Teguh Jiwa BrataJul 20, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Pachypodium termasuk jenis tanaman mudah dirawat. Namun, ketika musim tak menentu, hama dan jamur menjadi beringas. Begini…

BONSAI DI ATAS BATU: UNIK ALAMI DAN DRAMATIS

BONSAI DI ATAS BATU: UNIK ALAMI DAN DRAMATIS

Teguh Jiwa BrataJul 3, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Karang atau batu cadas bisa mumbuat sosok bonsai terlihat lebih alami dan unik. Perpaduan unsur keras dan…

error: Content is protected !!