BREEDING MANVIS ALBINO: GENETIK STABIL MUDAH DIBIAKKAN

ORANGTUA IDAMAN – Ikan albino banyak diminati.  Menurut pengakuan Abdul Rozak, breeder manvis albino di Cileduk, dalam setiap bulan, ia rutin menjual anakan manvis sebanyak 10.000 ekor. 

Manvis albino lebih langka dibanding dengan manvis biasa.  Harganya pun lebih mahal daripada harga manvis jenis lama.  Misalnya jenis Black, Three Color dan Black and White atau BW. 

Abdul Rozak, peternak ikan manvis di Cileduk (foto: Teguh Jiwa Brata)

Cara membudidayakan manvis albino berbeda dengan teknik membiyakkan manvis jenis biasa.  Agar telur bisa menetas semua, manvis red eye butuh derajad keasaman air lebih rendah disbanding keasaman air yang dibutuhkan manvis pada umumnya.  pH atau keasamannya berkisar antara 6 – 6,2.  “Kalau untuk indukan sih pH nya normal saja (pH 7),”papar pria yang akrab dipanggil Arzack itu.

Air seperti itu bisa diciptakan dengan jalan melakukan filterisasi dan aerasi. Perlakuan ini diterapkan selama seminggu sebelum air digunakan untuk membiakkan.  “Air yang baru diambil dari sumur itu ber-pH 5, setelah difilterisasi selama seminggu, air siap dipakai,” kata pria berusia 32 tahun itu.  Filter dibuat dari tong plastik berdiameter 30 cm dan tinggi 50 cm.  Di dalamnya berisi batu zeolith.  Sementara suhu air yang dibutuhkan yakni 28 – 30°C.  Air yang sudah difilterisasi lalu dimasukkan kedalam penampungan yang diisi dengan daun ketapang.  Akuarium berukuran panjang 1 m, lebar dan panjang 50 cm diisi dengan daun ketapang sebanyak 5 lembar. 

Manvis albino (Foto: Teguh Jiwa Brata)

Perbedaan lain terletak pada karakter induk.  Menurut pengalaman lelaki berusia 32 tahun itu, manvis albino cenderung sering bersifat kanibal.  Sering memangsa anak-anaknya sendiri usai menetas.  Untuk mengatasi hal itu, jika beberapa telur terlihat telah menetas, induk harus segera dipindahkan.

Manvis jantan dicirikan oleh bagian kepala yang lebih nongnong bila dibanding bagian kepala manvis betina.  Manvis betina yang sudah siap kawin dicirikan dengan perut gendut.  Kedua induk bisa dikawinkan bila sudah berusia 7 – 8 bulan.  Pasangan ikan itu dimasukkan dalam akuarium berukuran panjang 80 cm, lebar dan tinggi 40 cm. Kedalaman air 30 cm.  Di dalam akuarium disediakan media bertelur.  Terbuat dari potongan paralon.  Bisa juga menggunakan keramik lantai.

Sekitar 1 – 2 minggu dalam akuarium yang sama, induk betina akan bertelur.  Manvis betina yang sehat mampu menghasilkan telur sebanyak 200 butir.  Telur akan menetas pada hari ke tiga.  Bayi manvis disuguh kutu air saring setelah berusia 2 hari setelah menetas.  Menu tersebut dibuat dengan jalan menyaring kutu air dengan saringan teh.  Hanya kutu air berukuran kecil yang lolos dan bisa disuguhkan kepada bayi-bayi manvis.

Dua minggu kemudian menu diganti dengan kutu air biasa.  Pakan berupa cacing sutera diberikan bila manvis sudah dewasa atau saat berusia 3 minggu. Rozak menyuguhkan blood worm dan jentik nyamuk secara berseling kepada induk manvis.

Anak manvis siap dipindahkan dalam bak pembesaran ketika sudah berusia 1,5 bulan. bak pembesaran bisa terbuat dari fiberglas atau semen.  Ukurannya panjang 2 m, lebar 1m dan kedalaman 30 – 40 cm.  Bak dengan ukuran itu diisi anak manvis sebanyak 1.000 ekor.

Anak manvis red eye lalu disortasi berdasarkan jenisnya.  Manvis red eye bisa dibedakan menjadi 3 jenis.  Yaitu, red chick, red eye biasa dan red eye kulit jeruk.  Selain disortasi berdasar jenisnya, manvis juga dikategorikan berdasarkan ukuran.  Besar-kecilnya ikan biasanya dibedakan berdasar satuan ukuran uang logam.  25-an bila ukuran badan ikan sebesar uang logam Rp 25, 50-an jika ukuran ikan sebesar uang logam Rp50 dan seratusan bila ikan memiliki ukuran badan sebesar uang logam Rp100.

 Ingin mencoba? (orangtuaidaman.com)

SIMAK JUGA ANEKA IKAN INI

TIPS MEMELIHARA AROWANA ROMBONGAN

TIPS MEMELIHARA AROWANA ROMBONGAN

Teguh Jiwa BrataAug 2, 20223 min read

ORANGTUA IDAMAN – Pendapat bahwa ikan arowana tak…

FILTER KOI SEDERHANA: PRAKTIS MURAH & MUDAH PERAWATANNYA  

FILTER KOI SEDERHANA: PRAKTIS MURAH & MUDAH PERAWATANNYA  

Teguh Jiwa BrataJul 30, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Bila Anda masih tergolong pemula,…

AROWANA DAN KEBERUNTUNGAN: BEGINI TIPS MEMBANGKITKAN FENG SHUI

AROWANA DAN KEBERUNTUNGAN: BEGINI TIPS MEMBANGKITKAN FENG SHUI

Teguh Jiwa BrataJul 26, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Ikan adalah lambang kekayaan. Dalam…

MENYAPIH ANAK CUPANG: LEBIH PRAKTIS DI AKUARIUM

MENYAPIH ANAK CUPANG: LEBIH PRAKTIS DI AKUARIUM

Teguh Jiwa BrataJul 4, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Beternak cupang hemat tempat ditawarkan…

TIPS BETERNAK IKAN CUPANG ALA HERMANUS

TIPS BETERNAK IKAN CUPANG ALA HERMANUS

Teguh Jiwa BrataJul 3, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Kualitas anak ditentukan oleh induk. …

Load More

ANEKA SATWA RUMAHAN

RISET PASAR ALA EMAK-EMAK

RISET PASAR ALA EMAK-EMAK

Teguh Jiwa BrataAug 10, 20222 min read

ORANGTUA IDAMAN – Emak-emak zaman dulu gigih menawar. Kini, ketika harga tak lagi bisa ditawar, bukan berarti produk murah tak…

GAJI JANGAN DIHABISKAN

GAJI JANGAN DIHABISKAN

Teguh Jiwa BrataAug 9, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Semakin besar penghasilan seseorang, seharusnya persentase pengeluaran yang dihabiskan seharusnya kian kecil. Mental nyaman orang gajian yang…

CERDAS BERBELANJA: MUTU & KEBUTUHAN ITU YANG TERPENTING

CERDAS BERBELANJA: MUTU & KEBUTUHAN ITU YANG TERPENTING

Teguh Jiwa BrataAug 9, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Konsumen cerdas adalah pembeli yang lihai memperoleh keadilan. Nilai rupiah yang dikeluarkan sebanding dengan nilai barang yang…

MAK, HARGA BARANG DI  PUSAT PERKULAKAN ITU LEBIH MURAH

MAK, HARGA BARANG DI  PUSAT PERKULAKAN ITU LEBIH MURAH

Teguh Jiwa BrataAug 9, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Banyak keuntungan yang bisa ditabung dari pusat perkulakan. Selain harganya lebih murah daripada harha barangbdi minimarket, jumlah…

HIDUP DI JAKARTA TAK HARUS MAHAL, BEKAL MAKAN SIANG KUNCINYA

HIDUP DI JAKARTA TAK HARUS MAHAL, BEKAL MAKAN SIANG KUNCINYA

Teguh Jiwa BrataAug 9, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Membawa bekal makan siang sendiri ketika bekerja dapat berdampak sigifikan bagi kesehatan finansial. Agar bisa menikmati makan…

error: Content is protected !!