MENU SEHAT INI BISA MENCEGAH MUAL DAN MUNTAH SAAT HAMIL

ORANGTUA IDAMAN – Tumbuh-kembang Ananda dipersiapkan sejak masih berada dalam kandungan. Asupan makanan ekstra gizi wajib disantap sejak awal kehamilan.

Pada mingggu 1 hingga minggu ke-12 kehamilan, umunya ibu hamil dihampiri rasa mual dan muntah. Kurun waktu ini merupakan periode penyesuain diri terhadap kehamilan.

Pada saat itu, janin di dalam rahim pertumbuhannya masih lambat. Sehingga gizi yang dibutuhkan belum banyak. Meskipun demikian, asupan gizi tetap jumlahnya tetap harus mencukupi dan berkualitas. Supaya proses pembentukan organ janin di dalam kandungan bisa sempurna.

Rasa mual dan muntah membuat Bunda kehilangan selera makan sehingga asupan gizi jadi melorot. Nah, tips berikut bisa dilakukan agar jatah gizi yang diperlukan janin bisa tetap dipenuhi.

1. Ngemil snack
Bawa lah selalu makanan kering. Misalnya biskuit dan aneka kue kering. Pilih makanan yang Bunda sukai. Santap makanan kecil itu segera ketika merasa mual datang. Lebih baik jika makanan itu disantap bersama minuman hangat.

2. Pantang Menu Beraroma
Menu yang dibubuhi bumbu beraroma kerap memancing rasa mual muncul. Nah, sebaiknya untuk sementara waktu, hindari dulu makanan seperti itu.

3. Porsi Kecil Tapi Sering
Sebelum hamil, frekuensi makan yang sehat itu sehari 3 kali. Beda urusannya ketika Bunda hamil, disarankan agar pola makannya dicicil. Frekuensi 4 atau 6 kali dalam sehari. Porsi makan dikurangi menjadi lebih sedikit daripada porsi makan saat tidak hamil.

Jangan sampai perut kosong ya. Pasalnya, hal itu bisa membuat Bunda merasa mual akibat asam lambung.

Menu yang disantap harus banyak mengandung kalori atau karbohidrat dan protein. Jatah protein harus ditambah dari kebutuhan normal. Takarannya sekitar 30 gram / hari lebih banyak dari kebutuhan normal.

Pilih menu makanan kaya asam lemak omega 3 dan omega 6. Gizi tersebut penting untuk mendukung pertumbuhan otak dan tumbuh kembang anak.

4. Perbanyak Minum
Muntah membuat tubuh kehilangan cairan. Sebagai gantinya, Bunda harus minum lebih banyak. Agar dehidrasi bisa dicegah. Bila Bunda menginginkan minuman segar, jus dianjurkan. Namun ingat, hindari minuman asam, serta jus buatan yang mengandung zat aditif (pengawet, pewarna, dan perasa). Pilih jus dan minuman alami. Bahan aditif bisa mengganggu pertumbuh janin.

5. Menu Kaya Vitamin B6 Dianjurkan
Menyantap menu kaya vitamin B6 dapat menekan rasa mual. Vitamin B6 adalah vitamin yang diberikan oleh dokter untuk mengurangi rasa mual dan ingin muntah Ibu hamil.

6. Pantang Kopi dan Alkohol
Saat hamil, tidak disarankan mengonsumsi makanan dan meminum minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

MENU KAYA VITAMIN B6: Gandum, sereal, corn flakes, wijen, ikan salmon, susu bubuk skim, kacang tanah, keripik kentang.

error: Content is protected !!