PERSIAPAN KONTES BEKISAR: TAK BOLEH KEBANYAKAN MINUM

SATWA UNGGAS – Di arena kontes, kondisi bekisar harus benar-benar prima.  Menu yang tak bergizi dan terlalu banyak air bisa membuat bekisar pilek.  Kalau ini terjadi suaranya pun pasti rusak.

Ayam bekisar memang gampang pilek.   Kualitas gizi pakan harus benar-benar diperhatikan.  Bila terlalu banyak mengandung protein, lemak atau karbohidrat bisa menyebabkan kegemukan.  Hal ini bisa menjadikan bekisar malas berkokok.  Menu pakan yang tidak higienis juga bisa mengakibatkan ayam jadi mudah mengidap penyakit pilek.    Bekisar yang tertular pilek kualitas suaranya jadi buruk.  Menurut H. Walujo Rahardjo PS staf pengelola Taman Bekisar yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah suara bekisar unggulan tidak terdapat unsur “r “. 

Menu Wajib
Menu standar buat bekisar berupa campuran voer dan beras merah.  Kedua bahan tersebut dicampur dengan perbandingan 2 bagian beras merah dan 1 bagian lain voer.  Ayam yang terlalu bayak menyantap voer bisa mengalami kegemukan. Namun sebaliknya konsumsi beras merah yang berlebihan bisa menyebabkan ayam jadi kurus.  Menu seperti itu diberikan saat bekisar meninjak usia 4 – 5 bulan. 

Bekisar turun lomba setelah berusia 8 bulan.  Mulai saat itu pakan harus diramu secara khusus.  Ramuan dibuat dari 1 kg beras merah yang sudah dicuci bersih, ½ kg voer, 3 siung kunyit, 2 sendok makan madu, dan 2 butir telur kampung.  Bahan-bahan tersebut lalu diaduk sampai rata.  Jika hendak dibuat pelet, cara pencampuran dilakukan dengan alat giling yang biasa dipakai untuk menggiling daging. 

Setelah itu butiran pakan yang sudah jadi  dijemur hingga benar-benar kering.  Pakan seperti ini mudah mengundang perhatian semut.  Oleh karena itu simpanlah dalam wadah yang tertutup rapat.  “selain bervitamin tinggi, pakan seperti itu bisa membuat kotoran bekisar tidak berbau,”terang Walujo. 

Agar stamina bekisar bisa tetap vit, ia harus diberi menu selingan berupa buah-buahan.  Pisang kepok, pepaya dan tomat banyak mengandung vitamin C yang berguna untuk menjaga daya tahan bekisar.  Selain itu, cairan yang terdapat pada buah bisa menggantikan air minum.  “Jadi lebih baik dikasih buah daripada dikasih air.  Kalau sudah makan buah bekisar hanya diberi air minum sebanyak 2 sendok makan saja,”jelas pria berbadan gempal tersebut.   

Selain buah, ada baiknya kalau bekisar juga diberi jangkrik.  Serangga ini diberikan seminggu sekali sebanyak 5 – 7 ekor.  Sebelum disuguhkan, kaki-kaki jangkrik harus dibuang dulu.  Sebab kalau tertelan, bagian tubuh jangkrik tersebut bisa melukai tenggorokan si Bekisar. 

Jengger Dipijit Punggung Diurut
Selain pakan, bekisar juga harus dirawat dengan baik.  Agar tidak terserang kutu, sebaiknya tiap 2 minggu sekali bekisar dimandikan dengan larutan anti kutu.  Ramuan ini bisa dibuat dengan cara merebus 10 lembar daun sirih dalam 2 ½ liter air.  Sembari dimandikan jengger sebaiknya dipijit, punggung diurut sampai ke bagian tunggir.  Perlakuan seperti ini bisa menjadikan bekisar jadi jinak. 

Setiap hari bekisar harus dibiasakan dijemur dan dikerek bersama dengan bekisar-bekisar lain.  Penjemuran dilakunan dari pukul 7 hingga pukul 10. 

Jika semua ini dilakukan dengan baik, bekisar anda pun akan tampil prima di medan kontes (orangtuaidaman.com)

INFO
Potong Kuku dan Jalu

Kuku dan jalu yang mudah pajang merupakan sifat yang diwarisi dari ayam hutan.  Kuku dan jalu yang terlalu panjang bisa menyebabkan bekisar nampak tua, dan tidak menarik.  Selain itu pergerakan ayam bisa terganggu.  Kuku dipotong jika sudah nampak melengkung.  Sedang Jalu bisa dikurangi panjangnya menggunakan kikir atau api.  Hati-hati saat membakar jalu.  Hentikan pembakaran saat bekisar melonjak.  Panjang jalu sebaiknya sekitar 2-3 cm saja.


ANEKA SATWA RUMAHAN


TAMAN & KEBUN KELUARGA

error: Content is protected !!