PIDADA MERAH: BOGEM MENTAH YANG ENAK

BERMANFAAT KULINER, BEDAK DINGIN, TUTUP BOTOL, HINGGA SOL SEPATU.

Pidada merah (Sonneratia caseolaris) adalah sejenis pohon penghuni rawa-rawa tepi sungai dan hutan bakau. Termasuk suku Lythraceae.

Pohon ini sering disebut pidada atau perepat. Julukan lainnya yaitu alatat (Singapura); berembang (Malaysia); pedada, perepat merah, rambai (Banjarmasin.); bogem (Sunda); betah, bidada, bogem, kapidada (Jawa); bhughem, poghem (Madura); wahat merah, warakat merah (Ambon.); dan posi-posi merah (Ternate).

Berbuah Tanpa Musim
Pohon berukuran sekitar 15 – 20 m. Tajuk renggang, ranting-ranting menggantung di ujung. Punya banyak akar napas berukuran besar, muncul vertikal di sekeliling batang.

Tipe daunnya tunggal, berhadapan, bundar telur terbalik atau memanjang, 5–13 cm × 2–5 cm, dengan pangkal bentuk baji dan ujung membulat atau tumpul. Tangkai daun pendek dan sering kali kemerahan.

Bunga tumbuh sendirian atau berkelompok hingga 3 kuntum di ujung ranting.

Bunga pidada merah mekar di malam hari. Punya banyak nektar. Disukai kelelawar dan ngengat, yang datang menyerbukinya. Pidada merah berbunga dan berbuah sepanjang tahun.

Kelopak bunga bertaju 6 (jarang 7–8), runcing, panjang 3–4,5 cm dengan tabung kelopak serupa cawan dangkal di bawahnya, hijau di bagian luar dan putih kehijauan atau kekuningan di dalamnya.

Daun mahkota merah, sempit, 17-35 mm × 1,5-3,5 mm. Benangsari sangat banyak, panjang 2,5–3,5 cm, putih dengan pangkal kemerahan, lekas rontok. Tangkai putik besar dan panjang, tetap tinggal sampai lama.

Buah buni berbiji banyak berbentuk bola pipih, hijau, 5–7,5 cm diameternya dan tinggi 3–4 cm, duduk di atas taju kelopak yang hampir datar. Daging buah kekuningan, masam asin, berbau busuk.

Penghuni Mangrove
Pidada merah tumbuh di hutan bakau bersalinitas rendah, berlumpur dalam. Flora ini juga tumbuh di sepanjang tepian sungai, rawa-rawa pasang-surut.

Buah pidada dapat mengapung dan dipencarkan oleh aliran air.

Pidada merah diketahui menyebar luas di Sri Lanka Barat, Asia Tenggara (Kamboja, Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura, Indonesia, Brunei, Filipina, Timor Timur, Papua Nugini, hingga ke Australia, Kepulauan Solomon dan New Hebrides. Diintroduksi ke Cina selatan.

Terdapat pula hasil persilangan Sonneratia caseolaris dengan Sonneratia alba di Papua Nugini. Keturunannya dinamai Sonneratia X gulngai .

Manfaat Kuliner
Buahnya dapat dimakan, demikian pula daun mudanya, yang kerap dilalap. Buah tersebut dimakan mentah, atau dimasak sebagai campuran ikan.

Di Kalimantan Selatan, buah rambai dijadikan sebagai bahan ramuan bedak dingin.

Kayunya berkualitas rendah, dan hanya digunakan sebagai kayu bakar. Akar napasnya lunak dan banyak mengandung rongga renik.

Sehingga kerap digunakan sebagai pengganti gabus untuk membuat tutup botol, kok, dan juga bagian dalam sol sepatu (orangtuaidaman.com).


SIMAK JUGA ANEKA FLORA INI

TUMBUHAN BIJI TERBUKA vs BIJI TERTUTUP, INI PERBEDAANNYA

TUMBUHAN BIJI TERBUKA vs BIJI TERTUTUP, INI PERBEDAANNYA

Teguh Jiwa BrataSep 25, 20223 min read

TUMBUHAN BERBIJI DIGOLONGKAN MENJADI DUA JENIS, YAITU TUMBUHAN…

FAKTA TENTANG LUMUT

FAKTA TENTANG LUMUT

Teguh Jiwa BrataSep 19, 2022

LUMUT PUNYA PERAN PENTING DALAM EKOSISTEM. FLORA INI…

DIKOTIL vs MONOKOTIL, INI PERBEDAANNYA

DIKOTIL vs MONOKOTIL, INI PERBEDAANNYA

Teguh Jiwa BrataSep 10, 2022

TUMBUHAN BIJI TERTUTUP (ANGIOSPERMAE) DIBAGI MENJADI DUA. DICOTYLEDONAE…

KISAH BUNGA YANG SELALU MENAWAN

KISAH BUNGA YANG SELALU MENAWAN

Teguh Jiwa BrataSep 10, 2022

KUMBANG DAN SERANGGA LAIN SELALU TERGODA BUNGA. SELAIN…

PERSILANGAN ANTARSPESIES & ANTARGENUS

PERSILANGAN ANTARSPESIES & ANTARGENUS

Teguh Jiwa BrataSep 10, 2022

PERSILANGAN ANTATSPESIES DAN ANTAR GENUSI MELAHIRKAN KETURUNAN YANG…

Load More

KEBUN & TAMAN KELUARGA

CERMAI: BUAH SEGAR SARAT KHASIAT

CERMAI: BUAH SEGAR SARAT KHASIAT

Teguh Jiwa BrataSep 18, 20222 min read

BUAH CERMAI SEGAR DICAMPUR GULA, GARAM DAN DIRUJAK. JUGA KERAP DIRACIK MENJADI MANISAN, SETUP, DAN MINUMAN PENYEGAR. DAUN MUDANYA ENAK…

TIPS MENANAM BROMELIA, PRAKTIS PAKAI WADAH 

TIPS MENANAM BROMELIA, PRAKTIS PAKAI WADAH 

Teguh Jiwa BrataSep 3, 2022

JANGAN SALAH CARA MENANAM BROMELIA. MEDIA TANAMNYA BERNEDA DENHAN TANAMAN HIAS KEBANYAKAN. Keluarga bromelia adalah tanaman yang tidak bisa tumbuh…

BELIMBING WULUH: FLORA SEGAR BERKHASIAT OBAT

BELIMBING WULUH: FLORA SEGAR BERKHASIAT OBAT

Teguh Jiwa BrataAug 25, 2022

SERING DIMANFAATKAN SEBAGAI SIRUP, BUMBU ATAU SAYUR, PEMBERSIH NODA PAKAIAN, MENGILATKAN KUNINGAN, DAN BERKHASIAT OBAT. Berbagai senyawa yang dikandung dalam…

SAWO KECIK: POHON PENGHARAPAN KEBAIKAN

SAWO KECIK: POHON PENGHARAPAN KEBAIKAN

Teguh Jiwa BrataAug 20, 2022

KETIKA SAWO KECIK TUMBUH DI HALAMAN, MASYARAKAT BERHARAP HADIRNYA “SARWO BECIK” ATAU SEGALA KEBAIKAN. Sawo Kecik disebut juga sebagai Sawo…

AGLAONEMA MUTASI: PERUBAHAN YANG MEMBAWA BERKAH

AGLAONEMA MUTASI: PERUBAHAN YANG MEMBAWA BERKAH

Teguh Jiwa BrataJul 30, 2022

ORANGTUA IDAMAN- Waspadai kelainan yang terjadi pada aglaonema koleksi Anda. Siapa tahu aglo langka ini ada dirumah Anda. Flora tersebut…

error: Content is protected !!