PAKAN PENCERAH WARNA IKAN MASKOKI

UNTUK MEMPERTAHANKAN KETEGASAN WARNA, JENIS PAKAN MEMEGANG PERAN PENTING.

Seiring pertumbuhan badan dan bertambahnya usia, warna tubuh maskoki cenderung memudar. Hal ini wajar karena proses alami.

Tak bisa dicegah, namun masih dapat dijaga kondisi warna supaya tetap prima. Salah satunya yaitu pemilihan pakan yang tepat.

Pakan koki dibagi dalam 2 kategori, yaitu alami dan buatan. Cacing darah alias blood worm adalah salah satu contoh pakan alami.

Pakan tersebut di atas penting untuk mencerahkan kelir tubuh ikan koki.

Sebelum disajikan, sebaiknya cacingbdipelihara dulu selama 2-3 hari di tempat khusus. Langkah ini bertujuan untuk membersihkan cacing dari kemungkinan adanya bibit penyakit. Anda juga menyuguhkan cacing beku.

Sementara itu, pakan buatan pendongkrak warna adalah pelet yang mengandung spirulina. Namun, Anda mesti menghitung porsinya.

Pelet spirulina yang terlalu banyak diberikan justru membuat warna putih di tubuh ikan menjadi kekuningan. Kondisi seperti ini sering disebut sebagai “warna pecah”.

Ada kalanya hobiis memberikan pelet yang mengandung zat kimia penambah warna. Padahal zat ini bisa merusak liver dan ginjak ikan maskoki. Akibatnya ikan menjadi berumur pendek.

Anda Harus Tahu

Sebenarnya ada 3 jenis pigmen pemberi warna di tubuh maskoki, yakni melanophores (pemberi kelir hitam), xanthophores (warna kuning), dan erythophores (warna merah). Maskoki bersisik putih berarti tidak memiliki sel pigmen warna.

Lumut yang tumbuh di bak, kolam, dan akuarium pun dipercaya mengandung spirulina alami. Adakalanya hobiis membiarkan bak dan kolamnya ditumbuhi flora tingkat rendah itu.

Harapannya, saat ikan mengonsumsi lumut, kandungan spirulina ikut tercerna. Sehingga warna tubuhnya makin oke.

Jadi, wajar bila koki dalam akuarium, kolam, atau bak yanh terkena sinar matahari cenderung lebih kinclong dibandingkan dengan ikan yang dipelihara dalam ruangan.

Juga wajib diperhatikan kualitas air. Untuk mencemerlangkan warna tubuh maskoki, sebaiknya kondisi air sedikit asam (pH 6,3 – 6,5) (orangtuaidaman.com)



SATWA RUMAHAN

TIPS MERAWAT INDUK KELINCI BUNTING

TIPS MERAWAT INDUK KELINCI BUNTING

Teguh Jiwa BrataSep 24, 20222 min read

HAL YANG HARUS DIKETAHUI SECARA TEPAT YAITU KAPAN INDUK KELINCI KAWIN. Mengetahui tanggal kawin kelinci membuat Anda dapa memperkirakan kapan…

TIPS MERAWAT BAYI KELINCI

TIPS MERAWAT BAYI KELINCI

Teguh Jiwa BrataSep 24, 2022

INDUK KELINCI RAJIN MERAWAT DAN MENYUSUI ANAKNYA SENDIRI. INDUK SEDANG BERANAK HARUS MEMPEROLEH PAKAN CUKUP. Jumlah anak sekali lahir 6…

MEMELIHARA KOKI RAME-RAME? INI ATURANNYA

MEMELIHARA KOKI RAME-RAME? INI ATURANNYA

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

MEMELIHARA IKAN KOKI SECARA BERAMAI-RAMAI DALAM SATU AKUARIUM ITU MENARIK. NAMUN, BENERAPA HAL INI WAJIB DIPERHATIKAN. Populasi yang terlalu padat…

TIPS MEMOLES WARNA IKAN MASKOKI

TIPS MEMOLES WARNA IKAN MASKOKI

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

TANPA PERAWATAN BENAR, WARNA MASKOKI PASTI PUDAR. BERIKUT TIPS MEMPERSERAH TUBUH MASKOKI. Maskoki butuh sinar matahari agar pigmen warnanya berkembang.…

TIPS MEMPERBESAR KEPALA RANCHU

TIPS MEMPERBESAR KEPALA RANCHU

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

SELAIN PERAWATAN YANG BAIK, PAKAN JUGA BERPERAN BESAR MEMBENTUK TUBUHBIKAN MASKOKI RANCHU, TERMASUK BAGIAN KEPALANYA. Untuk mempercepat pertumbuhan kepala ikan…

error: Content is protected !!